Ketika ditanya berapa bilangan terbesar yang bisa tercipta dalam perhitungan matematika, mungkin kita akan menjawab tidak terhingga. Secara teknis, jawaban tersebut tidak salah.

Tak terhingga jadi bilangan terbesar karena manusia tidak bisa kehabisan angka. Namun secara pasti, bilangan tersebut masih sulit untuk dihitung hingga saat ini.

Akibatnya, beberapa ilmuwan dan pakar matematika membuat berbagai konsep untuk memecahkan teka-teki tersebut. Lalu angka berapa yang tercipta? Berikut penjelasannya dikutip dari How Stuff Works.

6 Bilangan Terbesar di Matematika

1. Bilangan Avogadro
Dinamakan berdasarkan ilmuwan asal Italia yakni Amadeo Avogadro, bilangan Avogadro adalah konsep yang ada di bidang kimia. Angka tersebut mewakili jumlah atom, ion, atau molekul dalam satu mol zat. Hasilnya diketahui sebesar 6,02214076 × 10^23 partikel/mol.

2. Bilangan Eddington
Bilangan Eddington didasarkan dengan nama yang sama dalam bersepeda meskipun konsepnya berbeda. Bilangan ini adalah hipotesis jumlah total proton yang ada di alam semesta yakni sejumlah (136 x 2^256 atau 1,57 x 10^79 ).

3. Bilangan Graham
Bilangan Graham menjadi ajang pembuktian oleh ahli matematika Ronald Graham. Ia menjelaskan bilangan Graham adalah bilangan yang sangat besar dan tak terbayangkan besarnya.

Contohnya adalah bilangan transfinit yang sulit dipahami. Saking besarnya, tidak ada cukup ruang untuk merepresentasikan melalui notasi matematika standar.

4. Googol
Edward Kasnery memperkenalkan konsep Googol sebagai bilangan besar yang sama dengan 10 pangkat 100 (10^100). Namun, diketahui keponakannya yang berusia 9 tahun lah yang menyebut bila bilangan itu sangat besar.

Menariknya, mesin pencari Google juga mendapatkan namanya dari frasa “googol”.

5. Googolplex
Berangkat sama dengan konsep Googol, Googolplex adalah 10 pangkat googol (10^googol). Sehingga tidak terbayangkan berapa angka 0 dalam bilangan tersebut.

6. Bilangan Rayo
Ahli matematika Agustin Royo adalah sosok yang memperkenalkan konsep ini. Dijelaskan bilangan Rayo adalah bilangan yang sangat besar sehingga definisinya juga cukup rumit.

Bilangan ini melibatkan sistem formal. Tetapi saking rumitnya, kita tidak bisa mendeskripsikan secara unik atau mudah dalam sistem matematika formal.

Itulah enam konsep yang diciptakan untuk mengetahui bilangan terbesar dalam perhitungan matematika.

Editor: PARNA

Sumber: detik.com