Kabupaten Karimun hanya mampu menerima Sertifikat Adipura 2023. Penyerahan Sertifikat Adipura disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar kepada Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim MSi pada 5 Maret 2024 di Jakarta.

Sebelumnya Kabupaten Karimun lebih mengincar Piala Adipura Kencana kategori kota sedang untuk kali kelima, ternyata belum berhasil.

Untuk di Kepulauan Riau sendiri, Kota Tanjung Pinang menerima Piala Adipura, serta Kota Batam dan Kab.Karimun sebagai penerima Sertifikat Adipura kategori kota/kabupaten sedang.

Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan dan support masyarakat Kab.Karimun.

“Alhamdulillah, Karimun dan Kota Batam berhasil meraih Sertifikat Adipura kategori kota sedang. Ini semua berkat dukungan dan kerjasama dari masyarakat kita,” ungkap Anwar Hasyim.

Sebelumnya, Kab.Karimun sendiri ikut dalam penilaian Adipura Kencana, namun gagal meraih penghargaan bergengsi tersebut.

Kadis Lingkungan Hidup Kab.Karimun Rita Agustina menyebut, untuk meraih penghargaan Adipura Kencana tersebut, perlu adanya inovasi dalam pengelolaan sampah.

“Sertifikat Adipura ini patut kita syukuri, mengingat memang bukan hal yang mudah untuk meraih adipura kencana ini. Daerah harus memiliki inovasi untuk meraih penghargaan adipura ini,” tuturnya.

Rita berharap, masyarakat Kab.Karimun tetap menunjukkan kepedulian terhadap pengelolaan sampah terutama melakukan pemilahan dari sumbernya. (Adv)