Pramugari terkenal selalu menaati SOP penerbangan. Tetapi, mengapa pramugari selalu duduk dengan tangan yang diselipkan? Apakah ini juga SOP?

Terkadang kondisi penerbangan tidak dapat diprediksi. Terkadang pesawat mengalami perjalanan yang tidak mulus. Tetapi, ternyata posisi duduk tersebut sangat berguna bagi pramugari saat terjadi masalah.

“Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa kru kabin duduk (di atas tangan) saat lepas landas dan mendarat?” tanya pramugari maskapai penerbangan Cebu Pacific di Filipina, Henny Lim, dalam sebuah unggahan di TikTok.

“Itu disebut ‘posisi menguatkan’,” dia menambahkan.

Video itu ditonton lebih dari 31 ribu kali. Lim (29) mengungkap posisi itu adalah salah satu prosedur keselamatan. Itu bertujuan mengurangi risiko cedera tubuh dalam keadaan darurat.

“Posisi ini melibatkan pengikatan sabuk pengaman dengan aman, (duduk) tegak, (duduk) di atas kedua tangan – telapak tangan menghadap ke atas, jempol (terselip) dan lengan longgar – dan (meletakkan) kaki rata di lantai,” kata wanita berambut cokelat ini.

“Tujuannya adalah untuk menjaga tubuh tetap dalam posisi yang kaku, sehingga jika terjadi benturan dari keadaan darurat yang tidak direncanakan, kerusakan pada tubuh tidak terlalu parah,” ujarnya.

Lim dan rekan kerjanya mendemonstrasikan poster duduk khusus tersebut. Mereka mengingatkan diri di kursi mereka, kemudian menyelipkan tangan mereka di bawah paha dan menegakkan tubuh mereka.

“Hal ini membuat gerakan tubuh dibatasi sehingga kemungkinan cedera jika terjadi benturan menjadi lebih kecil,” jelasnya.

Kendati demikian, ia juga menjelaskan bahwa awak kabin tidak hanya duduk dengan gaya tersebut di tengah kekacauan udara.

“Selama waktu ini, (kami) juga akan melakukan (tinjauan) silent review, yang mempersiapkan (kami) untuk menghadapi situasi darurat setiap lepas landas dan mendarat,” kata Lim.

“Hal ini termasuk mengetahui peralatan darurat di lokasi, pengoperasian pintu, perintah yang diberikan, dan petunjuk visual apa pun di luar pesawat,” dia menambahkan.

Why do cabin crew sit on their hands while in their jumpseats? Check this video out to know! Special guest for today’s video: Clare demecillo Follow my Official Facebook Page: “Henny Joyce Lim” Follow me on Instagram: _hennylim_ #fyp #HJL #cabincrewlife #bracingposition #cebupacific #groundstop ♬ Aesthetic – Tollan Kim

Editor: PARNA

Sumber: detik.com