Kopi bisa diracik menggunakan beragam rempah yang membuat cita rasanya unik. Salah satunya dicampurkan lada hitam. Seperti apa ya rasa dari racikan kopi ini?

Racikan kopi tak hanya ditambahkan gula saja, tapi bisa juga dicampurkan aneka rempah. Rempah yang diracik bersama kopi ini menghasilkan rasa serta aroma yang kaya.

Kopi rempah yang terkenal biasanya ditambahkan kayu manis. Kopi dan kayu manis merupakan kombinasi yang nikmat, apalagi jika disajikan panas.

Ternyata tak hanya kayu manis saja, tapi kamu bisa juga menambahkan lada hitam. Dilansir dari Tasting Table (11/9), lada hitam bisa langsung ditambahkan ketika menyeduh kopi hitam.

Lada hitam yang ditambahkan pada racikan kopi ini tentunya yang sudah berupa bubuk. Apakah rasa pedas lada hitam akan mengganggu cita rasa kopi?

Tambahan lada hitam ini tidak berfungsi sebagai gula atau krim yang menyeimbangkan rasa pahit, tapi justru menutupi rasanya. Lada hitam akan menutupi senyawa piperin, alkaloid utama yang memberikan rasa pedas pada lada hitam.

Saat menyesap kopi campur lada hitam, indra perasa akan merasakan rasa pedasnya dan mengabaikan rasa pahit sepenuhnya. Jadi, rasa pahit kopi itu akan terlupakan.

Lada hitam ini bisa ditambahkan ke segala jenis kopi. Mulai dari kopi instan, cold brew, maupun yang diseduh menggunakan French press.

Untuk takaran perlu diperhatikan. Kamu bisa menambahkan sekitar 1/2 sendok teh lada hitam bubuk ke dalam 1 cangkir (250 ml) kopi .

Kalau kamu menyukai kopi yang tak pahit, lada hitam sangat cocok ditambahkan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sejumput cabe bubuk atau paprika bubuk.

Lada hitam umum digunakan pada masakan Indonesia. Kamu bisa menambahkannya untuk membumbui sop, tumisan sayur, hingga hidangan utama yang menggunakan daging sapi.

Editor: PARNA
Sumber: detik.com