Tumbler kekinian jadi gaya hidup warga perkotaan. Merupakan salah satu penyebab orang sering minum air yang bisa memicu over hidrasi.

Bahaya tentang dehidrasi atau kekurangan asupan air membuat banyak orang memutar otak bagaimana caranya minum lebih banyak. Salah satunya adalah memakai tumbler kekinian.

Botol minum atau tumbler yang keren ini diharapkan bisa membantu niat seseorang jadi rajin minum. Apalagi kini banyak tumbler yang punya warna dan desain serta ukuran air.

Namun, benarkah cara ini adalah solusi ampuh untuk atasi dehidrasi? Yang harus diingat, tubuh tentu memiliki daya tampung yang terbatas, termasuk untuk air.

Berikut fakta yang perlu diketahui soal overhidrasi:
1.Bisa Keracunan Air
Keracunan air biasanya terjadi karena orang terlalu banyak mengonsumsi air atau disebut overhidrasi. Keracunan air ini menyebabkan air mengendap terlalu banyak dan menyebabkan hiponatremia.

Kondisi ini ditandai dengan mual, muntah, lesu, kejang, bahkan hingga kematian.

Keracunan air ini disebabkan karena minum terlalu banyak dalam waktu singkat seperti 3 liter dalam waktu 1 jam atau 10 liter dalam sehari.

2. Overhidrasi Jarang Terjadi

Banyak orang mempertanyakan berapa banyak seharusnya manusia minum air dalam waktu sehari? Menurut National Academy Of Medicine, 3,7 liter air per hari untuk pria dan 2,7 liter untuk wanita.

Namun, mengutip berbagai sumber, kebutuhan air tergantung pada kondisi masing-masing orang. Kebutuhan air juga dipengaruhi oleh usia, berat badan, dan aktivitas.

Seseorang tak disarankan minum terlalu banyak jika tidak melakukan aktivitas berat seperti berolahraga.

Jika minum terlalu banyak air, maka ginjal akan kelebihan cairan yang menyebabkan sering buang air kecil secara berlebihan.

3. Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi
Minum yang cukup air akan bermanfaat bagi tubuh agar tetap terhidrasi. Fungsi dan metabolisme tubuh akan berjalan dengan lancar apabila didukung dengan asupan mineral yang cukup.

Memastikan tubuh tetap terhidrasi akan membantu menurunkan berat badan karena perut akan terisi oleh air sehingga menurunkan nafsu makan.

Jadi, bisakah jenis botol minum menyebabkan overhidrasi? Jawabannya, tidak secara langsung dan bukan penyebab utama.

Hanya saja, beberapa jenis botol dan ukurannya bisa memicu orang minum lebih banyak dan jika tak berhati-hati bakal jadi kebanyakan.

Bahaya terlalu banyak minum air bisa dilihat selengkapnya di sini !

Editor: PARNA
Sumber: detik.com