Tinggi akan lemak tak sehat, beberapa makanan ini bisa menyebabkan penuaan lebih cepat. Mulai dari penuaan sel, organ, hingga terlihat pada wajah.

Apa yang kita makan dapat menentukan kondisi tubuh kita. Karenanya lakukan pola makan sehat untuk mendapatkan manfaat kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Misalnya hindari makanan yang mengandung lemak tak sehat, seperti lemak jenuh dan lemak trans. Pasalnya lemak tak sehat itu bisa membuat kamu jadi lebih cepat tua.

Lemak tak sehat itu berperan merusak sel dan organ tubuh, yang nantinya akan menyebabkan garis-garis halus dan kerutan pada kulit, lapor Eat This, not That! (26/01/24).

Berikut 5 makanan yang bisa bikin kamu cepat tua:
1. Keripik Kentang
Keripik kentang memang jadi camilan paling favorit. Namun, di balik rasa gurih yang bikin nagih ini bisa menyebabkan organ jadi lebih cepat tua, khususnya keripik kentang kemasan.

“Keripik kentang yang diproduksi secara komersial sering kali dimasak dengan minyak yang tidak sehat dengan suhu tinggi, sehingga kandungan lemak transnya tinggi,” ujar ahli gizi Perez.

Selain itu, keripik kentang memiliki indeks glikemik dan kandungan garam yang tinggi. Natrium tersebut dapat memicu retensi air dan meningkatkan tekanan darah, sehingga berpotensi menyebabkan penuaan pada pembuluh darah dan organ.

2. Gorengan
Makanan yang digoreng, seperti nugget ayam, burger, dan gorengan lainnya seringkali mengandung lemak trans, terutama jika minyak gorengnya digunakan berulang kali.

“Lemak trans ini berkontribusi terhadap peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh, ini adalah proses yang mempercepat penuaan sel,” ujar Perez.

Perez juga mengatakan bahwa kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit terkait usia, seperti penyakit jantung dan diabetes.

3. Makanan Cepat Saji
Makanan cepat saji dapat dikatakan sebagai makanan terburuk. Karena proses memasaknya, membuat makanan cepat saji tinggi akan lemak yang tidak sehat, termasuk lemak jenuh dan lemak trans.

Menurut Perez, lemak tak sehat tersebut dapat menyebabkan peradangan dan peningkatan risiko penyakit terkait usai. Terlebih lagi, jika makanan itu juga tinggi natrium.

“Makanan di restoran cepat saji sering kali mengandung banyak gula dan garam, sehingga berkontribusi terhadap risiko gangguan metabolisme seperti obesitas dan hipertensi,” tutur Perez.

4. Makanan Berbahan Tepung
Makanan berbahan tepung, seperti roti, kue, dan pasta sebaiknya harus dibatasi. Jika terlalu sering bisa membuat organ dan sel dalam tubuh jadi lebih cepat tua.

Proses penggilingan pada adonan tepung tersebut menyebabkan makanan jadi tinggi glikemik. Artinya menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan insulin yang cepat.

“Lonjakan dan penurunan gula darah berikutnya dapat menyebabkan stres oksidatif dan peradangan, sehingga mempercepat penuaan sel,” tutur Perez.

5. Minuman Beralkohol
Minum wine sesekali bisa memberikan manfaat relaksasi pada tubuh. Namun, jika berlebihan bisa menyebabkan penuaan pada sel dan organ tubuh.

Alkohol bersifat diuretik, yang artinya membuat kamu buang air kecil lebih banyak. Kondisi ini dapat menyebabkan dehidrasi, mengakibatkan kulit kering dan kusam.

Kondisi tersebut besar kemungkinan terjadinya kerutan dan garis-garis halus pada kulit wajah. Selain itu, alkohol menghambat penyerapan nutrisi penting, seperti vitamin B12 dan folat.

Editor: PARNA
Sumber: detik.com