Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2).

Pelantikan Hadi sebagai Menko Polhukam itu dilakukan berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 34P Tahun 2024.

“Sebelum saya mengambil sumpah berkenaan dengan pengangkatan saudara sebagai menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan 2019-2024. Saya akan bertanya kepada saudara, bersediakah saudara untuk diambil sumpah?” ujar Jokowi meminta Hadi bersedia disumpah sebelum dilantik.

“Bersedia,” jawab Hadi.

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Jokowi membacakan sumpah jabatan yang kemudian diikuti oleh Hadi

Hadi menggantikan Mahfud MD yang meninggalkan kursi Menko Polhukam karena maju sebagai calon wakil presiden di Pilpres 2024.

Sebelum dilantik jadi Menko Polhukam, Hadi menjabat sebagai Menteri Agraria/Badan Pertanahan Nasional (BPN). Ia dilantik untuk jabatan tersebut pada 15 Juni 2022.

Hadi juga pernah menjabat sebagai Panglima TNI pada 2017. Kini posisi Menteri ATR/BPN diisi oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang juga dilantik pada hari ini.

Sejumlah menteri dan pejabat pemerintahan menghadiri pelantikan Hadi dan AHY. Seperti Menteri Pertahan yang juga capres nomor 2 Prabowo Subianto, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala BIN Budi Gunawan.

Ketua Wantimpres Wiranto, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menkominfo Budi Arie.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia