Jangan takut, diabetes bisa dicegah. Anda cukup mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan risiko diabetes berikut ini.

Tak ada obat ajaib yang bisa menyembuhkan diabetes. Sekali terkena diabetes, orang hanya bisa mengontrol kadar gula darahnya agar tetap stabil.

Akan tetapi, diabetes bisa dicegah dengan penerapan gaya hidup sehat berikut pola makan dengan gizi seimbang.

Seperti apa pola makan sehat untuk mencegah diabetes? Setidaknya Anda menyisipkan makanan berikut dalam diet harian.

1. Kacang-kacangan

Semakin banyak mengonsumsi karbohidrat olahan, gula darah cenderung tidak stabil.

Untuk menekan keinginan makan karbohidrat olahan di sore hari, sebaiknya ganti dengan camilan tinggi protein dan lemak seperti kacang-kacangan.

Kacang-kacangan akan membantu Anda merasa kenyang hingga tiba waktu makan malam. Kandungan lemak tak jenuh ganda yang tinggi pada kacang juga dikaitkan dengan perkembangan diabetes yang melambat.

2. Oatmeal

Makanan yang menurunkan risiko diabetes berikutnya adalah oatmeal. Menu sarapan oatmeal akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Mengutip dari Eating Well, sebanyak 80 gram oatmeal matang mengandung 4 gram serat yang mengenyangkan dan mencegah ngemil berlebihan jelang makan siang.

3. Ikan berlemak

Lemak, khususnya asam lemak omega 3, bisa mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung.

Selain itu, ikan berlemak juga bisa mencegah diabetes. Sebuah studi menunjukkan, konsumsi ikan berlemak setidaknya dua sajian ikan per minggu bisa menurunkan risiko diabetes hingga 22 persen.

4. Sayuran hijau

Mulai sekarang, masukkan sayuran hijau ke dalam diet harian Anda. Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam mengandung vitamin, mineral, protein, serat, dan antioksidan.

Mengutip dari Very Well Health, studi menunjukkan, sayuran hijau dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

5. Yogurt Yunani

Greek yoghurt direkomendasikan sebagai sumber probiotik yang baik. Probiotik dapat membantu kesehatan usus Anda.

Selain itu, probiotik dapat meningkatkan resistensi insulin pada orang dengan diabetes. Sementara pada orang sehat, yogurt dapat mengurangi risiko diabetes pada lansia jika dikonsumsi teratur.

6. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai sumber lemak sehat yang baik. Buah ini pun kaya akan serat. Konsumsi alpukat setelah makan besar bisa membantu menstabilkan lonjakan gula darah.

Kandungan magnesium pada alpukat juga membantu mengatur gula darah. Tak heran alpukat jadi makanan untuk menurunkan risiko diabetes.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia