Beberapa makanan dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, membantu Anda tumbuh lebih tinggi. Berikut makanan penambah tinggi badan.

Ini mungkin termasuk kacang-kacangan, ayam, yogurt, almond, dan sayuran hijau, dan masih banyak lagi.

Meskipun tinggi badan sangat bergantung pada genetika, mendapatkan nutrisi yang cukup dalam makanan Anda sangatlah penting untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan yang tepat.

Meskipun Anda tidak dapat bertambah tinggi setelah mencapai tinggi maksimal, makanan tertentu dapat membantu Anda mempertahankan tinggi badan dengan menjaga tulang, persendian, dan tubuh tetap sehat dan kuat.

Protein, misalnya, memainkan peran penting dalam perkembangan kesehatan sekaligus meningkatkan perbaikan jaringan dan fungsi kekebalan.

Mikronutrien lain seperti kalsium, vitamin D, magnesium, dan fosfor terlibat dalam kesehatan tulang, yang penting bagi pertumbuhan.

Sementara itu, penelitian lain menunjukkan bahwa probiotik, yaitu sejenis bakteri menguntungkan yang sering ditemukan pada makanan fermentasi, juga dapat meningkatkan pertumbuhan anak.

Berikut 11 makanan penambah tinggi badan:

1. Kacang
Kacang sangat bergizi dan merupakan sumber protein yang sangat baik.

Protein telah terbukti meningkatkan kadar faktor pertumbuhan seperti insulin 1 (IGF-1), hormon penting yang mengatur pertumbuhan pada anak-anak.

Kacang juga kaya akan zat besi dan vitamin B, yang dapat membantu melindungi terhadap anemia, suatu kondisi yang ditandai dengan kurangnya sel darah merah yang sehat dalam tubuh.

Zat besi tidak hanya dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan, tetapi anemia defisiensi besi juga dapat menyebabkan keterlambatan pertumbuhan pada anak-anak.

Selain itu, kacang-kacangan kaya akan beberapa nutrisi lain, seperti serat, tembaga, magnesium, mangan, dan seng.

2. Ayam
Kaya akan protein dan berbagai nutrisi penting lainnya, ayam bisa menjadi tambahan yang bagus untuk diet sehat.

Ini sangat tinggi vitamin B12, vitamin yang larut dalam air yang sangat penting untuk tumbuh lebih tinggi dan menjaga tinggi badan Anda.

Itu juga mengandung taurin, asam amino yang mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang.

Terlebih lagi, ayam kaya akan protein, mengandung sekitar 20 gram dalam porsi 3 ons (85 gram).

Meskipun profil nutrisi tepatnya dapat sedikit berbeda berdasarkan cara pemotongan dan memasak, ayam juga merupakan sumber niasin, selenium, fosfor, dan vitamin B6 yang baik (12).

3. Kacang almond
Ini juga jadi makanan penambah tinggi badan yang bisa jadi camilan. Almond kaya akan banyak vitamin dan mineral yang diperlukan untuk tumbuh lebih tinggi. Selain mengandung banyak lemak sehat, mereka juga kaya akan serat, mangan, dan magnesium.

Ditambah lagi, almond kaya akan vitamin E, vitamin yang larut dalam lemak yang berfungsi ganda sebagai antioksidan.

Kekurangan vitamin penting ini dapat menimbulkan efek samping yang serius, termasuk terhambatnya pertumbuhan pada anak-anak.

4. Sayuran berdaun hijau
Sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, arugula, dan kubis, merupakan makanan terbaik dalam hal nutrisi.

Meskipun jumlah nutrisi pastinya berfluktuasi antar jenis, sayuran berdaun hijau umumnya menawarkan vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, dan potasium dalam jumlah terkonsentrasi.

Sayuran ini juga kaya vitamin K, nutrisi yang dapat meningkatkan kepadatan tulang untuk mendukung peningkatan pertumbuhan dan membantu menjaga tinggi badan Anda.

Sebuah penelitian pada 103 wanita bahkan menunjukkan bahwa asupan sayuran secara teratur dikaitkan dengan risiko penurunan massa tulang yang jauh lebih rendah.

5. Yogurt
Yogurt adalah sumber beberapa nutrisi penting yang penting untuk pertumbuhan, termasuk protein. Faktanya, hanya 7 ons (200 gram) yogurt Yunani mengandung hampir 20 gram protein.

Jenis tertentu juga mengandung probiotik, yaitu sejenis bakteri bermanfaat yang dapat membantu mendukung kesehatan usus.

Selain meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu meningkatkan pertumbuhan anak.

Yogurt juga merupakan sumber yang sangat baik dari beberapa nutrisi yang terlibat dalam tulang

6. Ubi jalar
Selain segar dan serbaguna, ubi jalar juga sangat menyehatkan. Ubi jalar sangat kaya akan vitamin A, yang dapat meningkatkan kesehatan tulang dan membantu Anda tumbuh lebih tinggi atau menambah tinggi badan Anda.

Ubi juga mengandung serat larut dan tidak larut, yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan mendorong pertumbuhan bakteri baik usus.

Mempertahankan mikrobioma usus yang sehat juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi untuk memastikan Anda mendapatkan vitamin dan mineral yang Anda butuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan.

7. Biji gandum
Mengutip healthline, quinoa adalah jenis biji-bijian bergizi tinggi yang sering diganti dengan biji-bijian lain dalam makanan.

Ini adalah salah satu dari sedikit makanan nabati yang dianggap sebagai protein lengkap, artinya mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh Anda.

Quinoa juga merupakan sumber magnesium yang sangat baik, komponen penting dari jaringan tulang yang dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Selain itu, setiap porsi quinoa mengandung mangan, folat, dan fosfor dalam dosis tinggi – yang semuanya juga penting untuk kesehatan tulang.

8. Telur
Telur benar-benar merupakan sumber nutrisi dan sangat kaya akan protein, dengan 6 gram dikemas dalam satu telur besar.

Selain itu, buah ini mengandung banyak vitamin dan mineral lain yang diperlukan untuk pertumbuhan, termasuk vitamin D, yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium untuk membantu menjaga kesehatan tulang.

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa memberi anak-anak dengan kadar vitamin D rendah suplemen vitamin D menghasilkan peningkatan pertumbuhan selama periode 6 bulan.

Terlebih lagi, sebuah penelitian pada 874 anak mengamati bahwa makan telur secara teratur dikaitkan dengan peningkatan tinggi badan setiap bulan.

9. Buah beri
Buah beri, seperti blueberry, stroberi, blackberry, dan raspberry, semuanya kaya akan nutrisi penting.

Buah ini sangat tinggi vitamin C, yang mendorong pertumbuhan sel dan perbaikan jaringan. Vitamin C juga meningkatkan sintesis kolagen, yang merupakan protein paling melimpah di tubuh Anda.

Studi menunjukkan bahwa kolagen dapat meningkatkan kepadatan tulang dan meningkatkan kesehatan tulang, yang dapat membantu Anda tumbuh lebih tinggi atau mempertahankan tinggi badan.

Buah beri juga menawarkan berbagai vitamin dan mineral lainnya, termasuk serat, vitamin K, dan mangan.

10. Ikan salmon
Salmon adalah ikan berlemak yang kaya akan asam lemak omega-3.

Asam lemak omega-3 adalah jenis lemak penyehat jantung yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 mungkin terlibat dalam kesehatan tulang dan dapat meningkatkan pergantian tulang untuk memaksimalkan pertumbuhan.

Ditambah lagi, rendahnya kadar asam lemak omega-3 dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko masalah tidur pada anak-anak, yang juga dapat berdampak negatif pada pertumbuhan.

Selain itu, salmon kaya akan protein, vitamin B, selenium, dan potasium

Mengisi pola makan dan menyantap makanan penambah tinggi badan tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan tetapi juga membantu Anda berkembang.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com