Medali Olimpiade dan Paralimpiade 2024 Paris akan terbuat dari potongan besi Menara Eiffel. Berikut detail dan makna medali Olimpiade Paris 2024 yang berisi potongan besi Menara Eiffel.

Olimpiade 2024 sudah semakin dekat. Turnamen ini akan digelar di Paris, Prancis pada 26 Juli mendatang.

Jelang pesta olahraga dunia tersebut, sebuah elemen penting yakni medali Olimpiade dan Paralimpiade 2024 telah diresmikan pada Kamis (8/2).

Medali Olimpiade 2024 ini memiliki bentuk dan elemen yang sangat istimewa karena berisi sepotong besi Menara Eiffel.

“Bak ‘permata’ medali ini menampilkan potongan bentuk Iron Lady asli yang berasal dari tahun 1889 yang ditata seperti batu mulia. Pada bagian depan terdapat lapisan emas yang dipoles, merujuk pada Kota Cahaya, akan menghasilkan pantulan cahaya yang menggambarkan ibu kota yang bersinar.

“Medali Olimpiade Paris telah diumumkan dan itu sangat monumental. Dalam segala arti istilah tersebut. Faktanya, sepotong besi berbentuk heksagonal yang diambil dari Menara Eiffel ditempatkan di dalam setiap medali emas, perak, dan perunggu yang akan dikenakan di leher para atlet di Olimpiade dan Paralimpiade Paris. Jadi, selain menorehkan sejarah di Olimpiade mendatang, para peraih medali Paris juga akan membawa pulang sepotong Perancis dan simbol ikoniknya,” dikutip dari Ray Haber.

“Perlu dicatat bahwa potongan besi yang digunakan pada medali Paris sebenarnya diambil dari Menara Eiffel. Menara setinggi 330 meter ini terdiri dari 18.038 potongan besi dan menua seiring berjalannya waktu,” tulis Ray Haber menambahkan.

Ray Haber juga menuliskan bahwa potongan besi Menara Eiffel ini bertujuan untuk membuat para pemenang Olimpiade bisa membawa pulang potongan sejarah Prancis.

“Makna simbolis Menara Eiffel dan sejarah Paris ditekankan dalam desain medali. Dengan desain medali yang khusus, para pemenang membawa pulang sepotong sejarah Prancis,” tulis Ray Haber.

Indonesia hingga kini sudah berhasil meloloskan enam wakil di Olimpiade 2024 yaitu di nomor perorangan panahan Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa. Arif dan Diananda juga akan tampil di nomor mixed team panahan.

Selain itu dari cabor menembak Indonesia berhasil memiliki satu wakil yaitu Fathur Gustafian. Lalu di nomor panjat tebing, Indonesia berhasil meloloskan dua wakil yaitu Rahmad Adi Mulyono dan Desak Made Rita Kusuma Dewi.

Editor: PARNA
Sumber: cnnindonesia.com