Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat cawapres perdana Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) pada malam ini, Jumat (22/12).

Ketiga cawapres yaitu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD bakal beradu gagasan dalam satu panggung untuk berdebat.

Berikut poin-poin agenda debat perdana cawapres

Tema debat

Tema debat cawapres yang telah ditetapkan oleh KPU meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Durasi dan segmen debat

Debat akan berlangsung selama enam segmen dengan total durasi 120 menit. Masing-masing cawapres dapat berinteraksi dan saling sanggah dalam segmen 2,3,4, dan 5.

Sementara itu, pada segmen 1, khusus pemaparan visi dan misi. Adapun segmen ke-6 penyampaian pernyataan penutup setiap calon.

“Jadi persis seperti pada waktu debat yang pertama, dan itu akan diberlakukan seterusnya sampai dengan debat terakhir, debat yang kelima,” kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari.

Pertanyaan disusun 11 panelis

Pertanyaan yang akan dilayangkan moderator kepada para cawapres malam nanti adalah hasil penyusunan oleh 11 panelis.

Dari 11 nama yang dirilis, mayoritas panelis merupakan ekonom, akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia hingga lembaga riset seperti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF).

Mereka adalah Alamsyah Saragih (Anggota Ombudsman RI Periode 2016-2020), Adhitya Wardhono (Ekonom dan Pengajar FEB Universitas Jember), Agustinus Prasetyantoko (Ekonom dan Rektor Universitas Katolik Indonesia Alma Jaya 2015-2023), Fausan Ali Rasyid (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung) dan Hendri Saparini (Pendiri dan Ekonom CORE Indonesia).

Kemudian, Hyronimus Rowa (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Inovasi IPDN), Poppy Ismalina (Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM), Retno Agustina Ekaputri (Rektor Universitas Bengkulu 2021-2025), Suharnomo (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro), Tauhid Ahmad (Direktur Eksekutif INDEF dan Dosen FEB Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta) dan Yose Rizal Damuri (Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies/CSIS).

Moderator

KPU telah menetapkan nama Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa sebagai moderator debat cawapres.

Alfito adalah Pemimpin Redaksi Detikcom, sementara Liviana adalah pembawa berita sekaligus produser Kompas TV.

Memakai podium

Dalam debat cawapres nanti, KPU akan menyediakan podium dalam debat capres dan cawapres berikutnya. Ketua KPU Hasyim Asy’ari menuturkan pemakaian podium itu berdasarkan usulan dari ketiga tim pasangan calon.

“Dalam debat nanti kedua dan seterusnya masing-masing sampai kelima, itu disiapkan podium sederhana sebagai sarana untuk tampil dari masing-masing calon presiden maupun calon wakil presiden dalam debat-debat seterusnya, kedua, ketiga, keempat dan kelima,” kata Hasyim di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (18/12).

Gibran giliran pertama bicara

KPU telah memutuskan untuk merotasi giliran tampil perdana dalam pemaparan visi-misi sepanjang debat capres-cawapres di Pilpres 2024.

Jika pada debat pertama Anies Baswedan selaku Capres nomor urut 1 mendapat giliran pertama bicara, maka kali ini Gibran Rakabuming selaku Cawapres nomor urut 2 mendapat giliran pertama memaparkan visi-misi.

Pada debat berikutnya peserta nomor urut 3 akan mendapat giliran pertama, dan putaran berlanjut untuk sesi debat berikutnya.

Disiarkan CNN Indonesia

CNN Indonesia dan Trans Corp menjadi penyelenggara debat cawapres mendatang. Debat dapat ditonton di CNN Indonesia TV. Selain itu, pemberitaan serta live streaming debat juga bisa disimak di CNNIndonesia.com.

Debat cawapres berikutnya

Debat cawapres berikutnya dijadwalkan akan digelar pada Minggu, 21 Januari 2024. Tema yang akan dibahas meliputi Pembangunan Berkelanjutan, SDA, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia