Hari Ibu Nasional diperingati pada 22 Desember setiap tahunnya. Peringatan tahunan ini sudah ada sejak 1928 dan mengusung tema yang berbeda-beda.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KemenPPPA) telah merilis tema Hari Ibu 2023 yaitu ‘Perempuan Berdaya, Indonesia Maju.’

Selain tema besar yang dirilis KemanPPPA, ada juga tema-tema lain yang bisa digunakan untuk merayakan Hari Ibu.

Berbagai sumber menyebut, sejarah singkat peringatan Hari Ibu pada 22 Desember mengacu pada momentum Kongres Perempuan Indonesia I pada 22-25 Desember 1928.

Kongres tersebut dinilai sebagai salah momen penting dalam sejarah perempuan Indonesia. Selain itu, Kongres Perempuan Indonesia I ini diikuti oleh berbagai perempuan dari berbagai wilayah di Indonesia.

Mereka semua memiliki visi dan misi yang sama dalam memerdekakan dan memperbaiki nasib kaum perempuan tanah air.

Setelah Kongres Perempuan Indonesia I berhasil dilaksanakan, dalam Kongres Perempuan Indonesia III mulai diputuskan Hari Ibu pada 1938.

Selanjutnya, tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibu nasional melalui Dekrit Presiden Nomor 316 tahun 1959.

Berikut kumpulan contoh tema Hari Ibu 2023 lengkap dengan kegiatannya yang bisa dijadikan referensi, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tema Hari Ibu 2023: Bunga dan Kebaikan
Tema berjudul ‘Bunga dan Kebaikan’ merupakan tema umum yang bisa digunakan di mana saja. Tema ini bisa didukung dengan memasang dekorasi bunga yang indah.

Sementara contoh kegiatannya antara lain beraktivitas kebun atau pertukaran tanaman kepada sesama komunitas Ibu-ibu. Kemudian, para Ibu mendapat pemberian bunga sebagai tanda terima kasih.

2. Tema Hari Ibu 2023: Superwoman di Hidupku
Tema Hari Ibu dengan judul ‘Superwoman di Hidupku’ dapat digunakan sebagai tema acara fashion show antara ibu dan anak.

Tema ini menekankan pujian kepada ibu sebagai pahlawan sehari-hari, khususnya bagi keluarga.

Perayaan ini bisa dimeriahkan dengan mengenakan kostum superhero atau atribut pahlawan. Selain itu, kegiatan dapat diisi dengan permainan yang berhubungan dengan tema pahlawan.

3. Tema Hari Ibu 2023: Tea Party Elegan
Tema ‘Tea Party Elegan’ bisa digunakan oleh gerai atau toko kue yang ingin turut merayakan momen Hari Ibu nasional.

Anda bisa memasang dekorasi yang elegan sesuai tema pesta teh dan dress code dengan sentuhan anggun. Kemudian, sajikan menu teh klasik, kue-kue lezat, dan hiburan yang santai.

4. Tema Hari Ibu 2023: Cinta yang Tak Terukur
Tema Hari Ibu dengan judul ‘Cinta yang Tak Terukur’ dapat dipakai dalam acara talkshow atau workshop.

Agar sejalan dengan tema, Anda bisa mengangkat fokus topik pembahasan pada ukuran cinta dan pengorbanan seorang ibu. Selain itu, tampilkan kisah-kisah pribadi seorang ibu yang menginspirasi dan pernyataan ungkapan terima kasih.

5. Tema Hari Ibu 2023: Dunia Fantasi Keluarga
Tema Hari Ibu dengan judul ‘Dunia Fantasi Keluarga’ dapat dijadikan referensi untuk tempat-tempat rekreasi yang ingin merayakan momen Hari Ibu.

Dekorasi dengan elemen fantasi atau dongeng favorit anak-anak bisa mendukung kesesuaian tema ini. Senadakan dengan penggunaan kostum karakter fantasi serta isi dengan pertunjukan atau cerita fantasi.

6. Tema Hari Ibu 2023: Minggu Sehat Ibu
Tema Hari Ibu dengan judul ‘Minggu Sehat Ibu’ bisa menjadi referensi untuk kegiatan Hari Ibu di kompleks perumahan.

Peringatan ini bisa diisi dengan kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan dan kebugaran, seperti sesi olahraga ringan, tes kesehatan, atau demonstrasi masak sehat.

7. Tema Hari Ibu 2023: Express Your Love Through Art
Tema ‘Express Your Love Through Art’ dapat digunakan pada acara-acara seni kreatif.

Acaranya meliputi kegiatan seni dan kerajinan bersama ibu dan anak, pameran seni keluarga atau lokakarya kreatif, hingga pembuatan kartu ucapan atau lukisan bersama anak-anak untuk diberikan pada Ibu.

Demikian rekomendasi tema Hari Ibu 2023 yang bisa jadi referensi Anda untuk mengadakan acara perayaan hari ibu.

Editor: PARNA
Sumber: cnnindonesia.com