Langit-langit atau plafon tinggi (high ceiling) banyak ditawarkan pada rumah-rumah masa sekarang. Plafon tinggi membuat jarak antara lantai dan langit-langit menjadi lebih tinggi sehingga menimbulkan kesan yang lebih luas.

Rumah dengan high ceiling konon tidak dibuat tanpa tujuan. Ada sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan dengan tinggal di rumah dengan high ceiling. Memangnya apa saja, ya? Berikut ini informasi lengkapnya.

Apa itu Rumah dengan Plafon Tinggi?
Sesuai sebutannya, rumah dengan high ceiling merupakan rumah yang memiliki langit-langit atau plafon yang tinggi. Pada umumnya, rumah memiliki langit-langit setinggi 2,4 hingga 2,7 meter. Nah, dikutip dari situs Paradise Serpong City, Jumat (17/11/2023), rumah dengan high ceiling memiliki tinggi langit-langit minimal 3 meter atau bahkan lebih.

Saat ini, banyak rumah yang mengusung konsep high ceiling ini. Memangnya apa saja keuntungan menggunakan high ceiling pada rumah?

Keuntungan Rumah dengan Plafon Tinggi
Nah, setidaknya ada lima keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan high ceiling pada rumah. Apa saja? Berikut keuntungan rumah dengan high ceiling dikutip dari situs Paradise Serpong City, Jumat (17/11/2023).

Sirkulasi Udara Lancar
Salah satu keuntungan utama dari rumah dengan plafon tinggi adalah sirkulasi udara menjadi lebih lancar. Secara alami, udara panas cenderung bergerak ke area yang lebih tinggi, sedangkan udara dingin turun ke area yang lebih rendah. Rumah dengan high ceiling membuat ruang bagi udara panas untuk naik jadi lebih luas. Alhasil, udara panas akan berada di bagian atas rumah dan tidak mengganggu area tempat kita beraktivitas di bagian bawah.

Konsep high ceiling ini akan sangat membantu terutama jika kamu tinggal di kawasan dengan udara yang panas. Dengan mengusung konsep high ceiling, kamu bahkan tidak perlu memasang AC atau kipas angin lagi untuk memberikan kesejukan di rumah.

Pencahayaan Alami Ruangan Lebih Maksimal
High ceiling juga bisa membantu kita dalam memaksimalkan pencahayaan alami di dalam rumah. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir penggunaan lampu selama siang hari. Alhasil, tagihan listrik bisa ditekan.

Selain itu, cahaya alami yang masuk ke dalam rumah juga bisa membantu meningkatkan mood dan produktivitas. Dengan kata lain, rumah dengan high ceiling tidak hanya membantumu dalam menghemat uang, tetapi juga meningkatkan kebahagiaan.

Terlihat Lebih Mewah dan Lapang
Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa rumah high ceiling memang terlihat lebih mewah dan lapang. Ruang ekstra dari langit-langit yang tinggi memberikan ilusi ruangan yang lebih besar, meskipun luas tanahnya sama dengan rumah berlangit-langit rendah. Ini adalah fitur yang sangat disukai banyak orang dan sering menjadi poin utama dalam memilih rumah.

Rumah Plafon Tinggi Memiliki Nilai Investasi Tinggi
Rumah merupakan salah satu instrumen investasi. Konon, high ceiling bisa meningkatkan nilai investasi pada rumah. Menurut beberapa studi, rumah dengan langit-langit yang lebih tinggi cenderung lebih cepat laku di pasaran dan memiliki harga jual yang lebih tinggi.

“Langit-langit yang lebih tinggi merupakan fitur yang lebih khusus sehingga pembeli cenderung membayar lebih mahal. Hal ini terutama berlaku untuk rumah satu lantai,” kata David G. Mitchell, seorang Agen Real Estat terkemuka di Maryland dan Delaware serta pendiri BeachLifeOceanCity.com, dilansir dari Homes & Gardens, Jumat (17/11/2023).

Seperti yang telah dijelaskan, high ceiling pada rumah memberikan kesan yang lebih luas sehingga bisa menambah nilai investasinya. Ini adalah poin penting yang perlu dipertimbangkan, terutama jika kamu berencana untuk menjual rumah tersebut di masa mendatang.

Desain Interior Dinamis
Jika kamu adalah orang yang suka dengan desain interior, rumah dengan high ceiling akan memberikanmu lebih banyak ruang untuk berkreasi. Kamu bahkan bisa menambahkan mezzanine atau lantai tambahan tanpa membuat rumah terlihat sesak. Dengan tambahan tersebut, kamu akan mendapatkan ruang tambahan yang bisa digunakan sebagai area kerja, perpustakaan, atau bahkan sebagai ruang tamu cadangan.

Demikianlah keuntungan yang bisa kamu dapatkan pada rumah dengan plafon tinggi. Semoga informasinya bermanfaat!

Editor: PARNA

Sumber: detik.com