Mengepel lantai rumah secara rutin merupakan kegiatan penting untuk menjaga kebersihan rumah. Nah, mengepel lantai bisa menggunakan air dingin atau air panas lho.
Pada umumnya orang mengepel lantai dengan air dingin, ada beberapa orang juga menggunakan air panas karena diklaim lantai bisa lebih bersih.

Apakah benar mengepel lantai dengan air panas lebih bersih daripada air dingin? Simak penjelasan berikut.

Mengepel Lantai dengan Air Panas atau Air Dingin?
Mengutip dari Home Viable, Jumat (17/11/2023), nyatanya air panas memang terbukti efektif membunuh kuman. Serta lebih cepat menghilangkan noda, lemak, dan kotoran yang menumpuk di lantai dibandingkan mengepel dengan air dingin.

Bahkan beberapa bahan pembersih lantai bekerja lebih efektif dengan air panas. Namun harus diingat, tidak semua jenis lantai bisa dipel menggunakan air panas.

Penggunaan air panas ketika mengepel bisa dilakukan pada jenis material lantai yang dapat menerima suhu tinggi seperti marmer. Agar lebih aman saat mengepel kamu bisa campurkan dengan sedikit air dingin untuk mengurangi potensi lantai rusak.

Untuk jenis lantai lainnya seperti kayu keras dan alami, lebih baik kamu mengepel dengan air dingin. Mengepel dengan air panas hanya akan membuat zat pelindung kayu hilang dan menyebabkan warna lantai kayu cepat kusam.

Namun kamu harus tetap hati-hati ketika ingin mengepel lantai menggunakan air dingin. Peras kain pel hingga benar-benar kering sebelum mulai mengepel. Sebab Kayu bisa menyerap cairan dengan cepat. Bila kain pel kamu terlalu basah, maka lama kelamaan tekstur kayu akan berubah menjadi lebih melengkung dan berubah warna.

Jika lantai rumah kamu memakai ubin, keramik dan porselen gunakanlah air dingin ketika hendak mengepel. Sebab mengepel air panas justru dapat merusak permukaan keramik. Sedangkan lantai rumah dengan bahan Vinyl, kamu dapat membersihkannya menggunakan air dingin.

Tapi perlu khawatir, mengepel dengan air dingin yang dicampur dengan pembersih lantai yang tepat bisa efektif membunuh bakteri seperti halnya ketika menggunakan air panas.

Jangan menggunakan cairan pembersih terlalu banyak saat mengepel lantai vinyl karena justru bisa merusak permukaannya. Mengepel lantai secara teratur dengan air dingin dapat memperpanjang umur lantai kamu.

Editor: PARNA

Sumber: detik.com