Sebelum melakukan perjalanan naik pesawat, kamu perlu mempersiapkan segala sesuatunya supaya tidak ada yang tertinggal. Sejumlah perlengkapan juga perlu kamu pakai.

Ada baiknya kamu memakai perlengkapan yang nyaman dan aman saat dalam penerbangan. Bukan hanya untuk kamu sendiri, melainkan juga nyaman dan aman bagi penumpang lainnya di pesawat.

Tidak semua barang bisa kamu gunakan ketika sedang naik pesawat. Penumpang perlu mengetahui barang mana saja yang sebenarnya tidak dianjurkan dipakai saat berada di dalam pesawat.

Salah satu barang yang tidak disarankan dipakai penumpang pesawat adalah sandal, karena dinilai mudah terlepas, tidak higienis, dan bisa berbahaya ketika dalam kondisi darurat.

Seperti dikutip dari situs Travel + Leisure, berikut sejumlah barang selain sandal yang tidak dianjurkan untuk dipakai ketika naik pesawat.

1. Pakaian yang Tidak Sopan
Sejumlah maskapai penerbangan melarang penumpang mengenakan pakaian yang tidak sopan. Barangkali ini akan berlaku subjektif, karena arti ‘tidak sopan’ mungkin berbeda-beda bagi masing-masing orang.

Pakaian yang tidak sopan yang dimaksud mungkin seperti bikini atau pakaian dalam atau pakaian yang terlalu terbuka.

Tapi, di sini petugas maskapai berperan. Apabila mereka menganggap penumpang tidak sopan, maka akan diminta berganti pakaian. Jika menolak, mungkin penumpang itu dapat dilarang masuk ke dalam pesawat.

2. Perhiasan Logam Besar
Mungkin penumpang yang memakai perhiasan demi mempercantik diri mesti pilih-pilih sebelum naik pesawat. Ada baiknya memilih perhiasan yang ukurannya tidak besar, apalagi berupa logam besar. Jika penumpang memakai perhiasan logam besar, kemungkinan petugas keamanan bakal menahan beberapa saat dalam pemeriksaan.

3. Piyama
Mungkin piyama adalah pakaian yang nyaman untuk dikenakan, namun ketika di tempat umum seperti pesawat, mengenakan piyama bukanlah pilihan yang tepat. Jika ingin kenyamanan, penumpang bisa memakai celana yang longgar yang berbahan adem untuk kenyamanan selama penerbangan.

Namun, ketika kamu merupakan penumpang pesawat kelas bisnis dengan perjalanan jarak jauh, ada kalanya kamu diberikan fasilitas piyama yang dapat dipakau untuk tidur supaya lebih nyaman.

4. Pakaian Satu Lapis
Karena kondisi di dalam pesawat yang biasanya bersuhu dingin, ada baiknya penumpang tidak memakai pakaian satu lapis. Jika kamu mengenakan pakaian satu lapis, sebaiknya kamu juga memakai jaket atau sweater saat di dalam pesawat. Sebaliknya, apabila suhu di kabin agak panas, kamu bisa melepas jaket atau sweater tersebut.

5. Parfum dengan Aroma Menyengat
Kamu boleh saja memakai parfum, tapi jangan sampai aromanya terlalu menyengat. Sebab, mungkin terdapat penumpang yang peka terhadap bau, sehingga aroma parfum menyengat membuat mereka tidak nyaman.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com