Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengatakan berkas pendaftaran bakal calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD telah lengkap. Berkas pendaftaran itu KPU terima pada Kamis (19/10/2023) siang ini.

“Jadi pendaftaran ini ukurannya satu, sudah kami periksa untuk paslon yang mendaftar hari ini, kami nyatakan lengkap,” kata Hasyim di kantor KPU, Jakarta.

Setelah itu, KPU akan melakukan verifikasi dokumen pendaftaran. KPU akan mengecek kebenaran dan sah tidaknya dokumen yang diberikan Ganjar dan Mahfud.

Jika belum benar atau sah, KPu akan memberikan waktu kepada Ganjar dan Mahfud untuk memperbaiki atau melengkapinya.

Selain memberikan berkas pendaftaran, Ganjar dan Mahfud juga menyerahkan visi misi. Visi misi itu dituangkan dalam dokumen dan dapat diakses melalui barcode.

“Jadi ini ada dokumen tertulis, Pak Mahfud akan membawa barcode, sehingga bisa dibaca dengan mudah oleh siapapun,” ujar Ganjar kepada Hasyim saat menyerahkan dokumen tersebut.

Saat mendaftar ke KPU, Ganjar memakai kemeja hitam. Sementara Mahfud mengenakan kemeja putih dan peci hitam. Keduanya kompak memakai syal dengan warna dan motif senada.

Sebelumnya, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) juga mendaftar ke KPU hari ini. Maka, tinggal Prabowo Subianto yang belum mendaftarkan diri karena belum juga mengumumkan bakal cawapresnya.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com