Bakal paslon Ganjar Pranowo dan Mahfud MD resmi mendaftarkan diri menjadi capres dan cawapres di Pilpres 2024. Keduanya tiba di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, sekitar pukul 12.35 WIB, Kamis (19/10/2023).

Saat masuk ke Gedung KPU, Ganjar dan Mahfud dikalungi syal yang memang diberikan kepada paslon yang mendaftar. Keduanya juga sempat memamerkan pop-up art yang dibawa Ganjar dan satu kode QR yang dipigura dan dibawa Mahfud. Keduanya benda tersebut berisi visi-misi yang mereka bawa di Pilpres 2024.
Pendaftaran Ganjar-Mahfud diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan disusul pemutaran jingle Pemilu 2024 yang dibawakan oleh Cokelat. Proses serupa juga dilakukan pada paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang mendaftarkan diri beberapa saat sebelumnya.
“Seluruh dokumen persyaratan telah kami input di aplikasi SILON Capres-Cawapres yang difasilitasi KPU kami juga membawa dokumen fisik yang diperlukan sebagai bagian prosedur pendaftaran paslon,” kata Ketum PDIP yang jadi pengusung Ganjar-Mahfud, Megawati Soekarnoputri, dalam sambutannya di Gedung KPU, Kamis (19/10).
Setelah itu, berkas pendaftaran diserahterimakan ke Ketua KPU, Hasyim Asy’ari. Ganjar juga menjelaskan soal buku pop up yang ia bawa dan kode QR yang dibawa oleh Mahfud MD.
“Para pimpinan partai pengusung dan seluruh komisioner KPU, kami akan serahkan dokumen visi-misi yang lebih mudah dilihat. Ini ada dokumen tertulisnya, dan Pak Mahfud membawa kode barcodenya, sehingga siapa pun bisa membaca dengan mudah,” kata Ganjar.
Berkas Dinyatakan Lengkap
Ketua KPU Hasyim Asy’ari dalam sambutannya menyebut berkas yang diserahkan Ganjar-Mahfud sudah lengkap.
“Secara administratif yang kami terima ini, ukurannya lengkap atau belum lengkap. Sekiranya ada yang belum lengkap masih bisa dilengkapi. Tapi sebelum sampai ke sini tim verifikasi dan LO gabungan parpol sudah diperiksa dan dinyatakan lengkap,” ucap Hasyim.
Sebelum menuju Gedung KPU, Ganjar-Mahfud terlebih dahulu berkumpul di Tugu Proklamasi untuk berorasi di depan para pendukungnya. Setelah itu, mereka bersama-sama menuju Gedung KPU ditemani para elite partainya.
Editor: PARNA
Sumber: kumparan