Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga mengaku tak masalah jika PKB ingin keluar dari Koalisi Indonesia Maju pendukung capres Prabowo Subianto.

Pernyataan itu dia sampaikan merespons isu bacapres Anies Baswedan akan berduet dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

“Kami sangat menghargai terhadap sikap PKB seandainya keluar dari koalisi pendukung Pak Prabowo tapi kami akan bicarakan secara baik-baik,” kata dia di Bentara Budaya Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Viva mengaku menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada PKB terkait dukungan capres. Dia mengatakan hal tersebut merupakan hak setiap partai dan tak ingin mencampuri keputusan internal mereka.

“Itu menjadi hak dari parpol masing-masing. Kami tidak bisa mencampuri urusan rumah tangga parpol. Karena masing-masing punya kebijakan, punya mekanisme pengambilan keputusan,” ujarnya.

Viva mengklaim sudah mengetahui manuver PKB yang ingin mendukung duet Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin untuk Pilpres 2024 mendatang.

“Rasanya kami sudah mengetahui dari awal,” kata Viva.

Viva menilai dinamika politik tak bisa dihindari. Namun demikian, dia menyebut pasangan capres cawapres yang pasti akan diumumkan sebelum tanggal 19 Oktober atau pendaftaran paslon di KPU.

“Intinya sebelum tanggal 19 Oktober nanti akan ada kepastian paslon yang akan didukung oleh PAN,” ujarnya.

Sebelumnya, Partai Demokrat menyampaikan situasi terkini terkait perkembangan Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang telah mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) 2024.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya mengatakan NasDem dan PKB telah sepakat kerja sama di Pilpres 2024. Menurutnya, kedua partai juga sepakat mengusung Anies dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Riefky mengaku mendapat informasi tersebut dari Sudirman Said, yang merupakan tim 8 Anies. Menurutnya, keputusan Anies itu sepihak dan atas inisiatif Ketua Parta NasDem Surya Paloh.

“Kemarin 30 Agustus 2023, kami mendapatkan informasi dari Sudirman Said mewakili capres Anies Baswedan bahwa Anies telah menyetujui kerja sama politik Partai NasDem dan PKB untuk mengusung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar,” ucap Riefky dalam keterangan resmi, Kamis (31/8/2023).

Editor: PARNA
Sumber: cnnindonesia.com