World Economic Forum (WEF) kembali melaporkan data tentang bahasa terbanyak yang ada di dunia. Data ini pertama kali diterbitkan pada 4 November 2016 dan diperbarui pada 26 April 2023 lalu.

Sejauh ini, ada sekitar 7.117 bahasa yang digunakan di seluruh dunia. Tetapi ribuan bahasa tersebut tidak tersebar secara merata di seluruh dunia. Ada beberapa negara yang bahkan memiliki bahasa sangat banyak, yang jika dijumlahkan bisa mencakup separuh dari bahasa yang ada.

Negara dengan bahasa terbanyak di dunia adalah Papua Nugini, dengan total 840 bahasa yang digunakan. Papua Nugini bahkan memiliki lebih banyak bahasa daripada negara di seluruh benua Eropa.

Keragaman linguistik Papua Nugini sebagian besar dapat dijelaskan oleh geografi dan topografi negara kepulauan tersebut.

Lembah yang dalam dan medan yang sulit telah menyebabkan pemisahan suku dan kelompok sehingga beberapa bahasa dan dialek yang berbeda telah berkembang di antara 9,4 juta penduduk negara itu.

Selanjutnya, di posisi kedua, ada negara kepulauan terbesar di dunia yakni Indonesia dengan 711 bahasa (data terbaru Kemdikbud ada 718 bahasa). Sementara posisi ketiga, ada Nigeria dengan 517 bahasa.

Bilingualisme Memberi Manfaat
Menariknya, bahasa yang tercipta ini bukan hanya sekadar produk budaya tetapi juga memberi manfaat. Bagi orang dengan kemampuan berbicara lebih dari satu bahasa (bilingualisme), bisa menjadi nilai tambah yang besar di pasar kerja.

Selain itu, bilingualisme juga bisa membawa berbagai manfaat kesehatan, termasuk perlindungan terhadap kondisi seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

Teknologi digital mendobrak batasan bahasa yang belum pernah ada sebelumnya, tetapi bahkan alat terjemahan yang paling populer pun nyaris tidak menyentuh permukaan keragaman bahasa manusia.

Google Terjemahan sekarang hanya mendukung 133 bahasa. Ini hanya sebagian kecil dari ribuan bahasa yang digunakan di seluruh dunia.

10 Negara dengan Bahasa Terbanyak di Dunia:

1. Papua Nugini – 840 Bahasa

2. Indonesia – 711 Bahasa

3. Nigeria – 517 Bahasa

4. India – 456 Bahasa

5. AS – 328 Bahasa

6. Australia – 312 Bahasa

7. Tiongkok -309 Bahasa

8. Meksiko – 292 Bahasa

9. Kamerun – 274 Bahasa

10. Brasil – 221 Bahasa.

Editor: PARNA
Sumber: detik.com