Studi menemukan buah terbaik yang bisa membuat panjang umur. Mengacu pada riset di Western New England University, para peneliti menemukan anggur membuat usia seseorang berlangsung lebih lama, bertambah hingga empat sampai lima tahun.

Penelitian yang dirilis di Jurnal Foods menyarankan seseorang untuk setidaknya menambahkan anggur dalam asupan makanan sehari-hari, jumlahnya setara dengan dua cangkir anggur.

“Menambahkan anggur ke diet tinggi lemak juga meningkatkan kadar gen antioksidan dan menunda kematian alami,” jelas salah satu peneliti, John Pezzuto, dikutip dari Eureka Alert.

Studi lain Pezzuto dan timnya yang diterbitkan dalam jurnal Antioksidan, melaporkan konsumsi anggur mengubah ekspresi gen di otak dan memiliki efek positif pada perilaku dan kognisi yang dirusak oleh asupan tinggi lemak.

Fakta lain menunjukkan, selain perubahan ekspresi genetik, anggur juga membuat metabolisme berjalan lebih baik.

Meski begitu, riset mereka masih terbatas pada objek penelitian tikus, diperlukan studi lebih lanjut untuk memastikan keterkaitan di antara anggur dan kesehatan manusia, khususnya panjang umur.

Dikutip dari Healthline, anggur memang memiliki segudang nutrisi yang diperlukan tubuh. Dalam 150 gram anggur hijau atau merah saja, nutrisinya meliputi:

-kalori 104
-karbohidrat 27 gram
-protein 1 gram
-lemak 0,2 gram
-serat 1,4 gram
-tembaga 21 persen dari kebutuhan harian
-vitamin K 18 persen dari kebutuhan harian
-tiamin 9 persen dari kebutuhan harian
-riboflavin 8 persen dari kebutuhan harian
-vitamin B6 8 persen dari kebutuhan harian
-kalium 6 persen dari kebutuhan harian
-vitamin C 5 persen dari kebutuhan harian
-mangan 5 persen dari kebutuhan harian
-vitamin E 2 persen dari kebutuhan harian

Editor: PARNA

Sumber: detik.com