Waketum Gerindra Habiburokhman menyesalkan pernyataan Rocky Gerung yang diduga menghina Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sebuah video yang viral di media sosial. Habiburokhman menilai pernyataan itu berpotensi kembali membuat gaduh masyarakat.

“Gerindra sangat menyesalkan pernyataan Rocky Gerung karena bisa kembali menimbulkan perpecahan di masyarakat,” kata Habiburokhman kepada wartawan, Senin (31/7/2023).

Habiburokhman juga menilai diksi yang dilontarkan Rocky Gerung menyakiti masyarakat Indonesia yang mendukung Jokowi. Dia menilai tak ada dasar yang bisa membuktikan Jokowi seperti penilaian Rocky Gerung.

“Sangat menyakitkan bagi sejumlah besar rakyat Indonesia yang mendukungnya,” ujarnya.

Pimpinan Komisi III DPR RI itu menyebut secara fakta, Jokowi merupakan salah satu presiden terbaik bagi Indonesia. Dia mengungkit keberhasilan Jokowi memimpin bangsa melewati badai pandemi COVID-19.

“Faktanya Jokowi adalah salah satu presiden terbaik yang pernah memimpin negeri ini. Dengan kepiawaiannya kita bisa survive dan bangkit kembali setelah dihantam badai pandemi. Tidak ada secuil pun fakta yang memperkuat argumentasi (Rocky Gerung) itu,” lanjutnya.

Wakil Ketua Komisi III DPR ini meminta semua pihak menghindari diksi provokatif dan kasar. Dia mengimbau ruang publik harus diisi dengan narasi teduh.

“Kami menyerukan kepada semua pihak agar menghindari pernyataan provokatif dan cenderung kasar seperti pernyataan Rocky Gerung tersebut. Kita isi ruang publik dengan pernyataan-pernyataan yang teduh dan guyup,” ucapnya.

Adapun ucapan Rocky tersebut telah viral di media sosial. Dalam video itu, terlihat Rocky yang tengah mengisi sebuah acara. Pada video tersebut, Rocky melemparkan kritik pada Jokowi. Rocky menyinggung kunjungan Jokowi ke China yang membahas soal IKN.

Dilaporkan ke Bareskrim

Sejumlah relawan Presiden Jokowi menyambangi Bareskrim Polri untuk melaporkan Rocky Gerung. Relawan menilai Rocky telah melakukan penghinaan kepada Jokowi seperti dalam sebuah video viral yang beredar.

“Ini adalah pernyataan yang bisa dikategorikan penghinaan, terhadap presiden,” ujar Ketua Barikade 98, Benny Rhamdani, yang merupakan salah satu organisasi relawan Jokowi, di Mabes Polri, Senin (31/7/2023).

Benny menilai tidak boleh ada seorang pun yang menghina presiden. Sebab, Presiden Indonesia merupakan hasil pemilihan secara demokrasi.

“Presiden kita ini hasil dari proses demokrasi, yang dipilih oleh mayoritas rakyat Indonesia. Presiden kita diakui bahkan disegani oleh presiden-presiden dunia lainnya sehingga apa yang dilakukan Rocky Gerung itu menghancurkan, meluluhlantakkan kesabaran kami,” ungkapnya.

Selain itu, Rocky dilaporkan terkait tindakan yang diduga provokasi. Rocky, menurut dia, telah memprovokasi masyarakat untuk melakukan aksi seperti pada 1998 dalam video viral tersebut.

“Bahkan memprovokasi rakyat untuk tanggal 10 turun melakukan aksi sebagaimana yang terjadi di 98. Ini lucu nih, 98 Rocky Gerung di mana?” tuturnya.

Benny mengatakan dia membawa sejumlah barang bukti, termasuk dari kasus Rocky sebelumnya. Dia menilai Rocky sering melontarkan pernyataan yang bersifat serangan pribadi.

Rocky Gerung angkat bicara perihal pernyataannya yang dituding menghina Jokowi. Rocky Gerung dilaporkan oleh relawan Jokowi ke Bareskrim Polri buntut dugaan penghinaan tersebut.

“Besok saya pasti dipanggil polisi karena kemarin saya mengganggu pikiran Pak Jokowi yang lagi viral sekarang. Bagaimana mungkin saya dituduh menghina Presiden Jokowi?” kata Rocky saat mengisi Dialog Akal Sehat bertajuk ‘Etika Politik Mematangkan Demokrasi Indonesia’ di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (31/7/2023).

Editor: PARNA

Sumber: detikcom