Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menyerahkan bantuan untuk Rumah Ibadah dan bantuan insentif Guru Pendidikan Anak (PA) TK, PAUD, dan Raudatul Athfa Tahun Anggaran 2023 Kabupaten Bintan, Senin (10/07). Bantuan serupa sebelumnya telah diserahkan Gubernur Ansar di Kota Tanjungpinang dan Kota Batam.

Pemerintah Provinsi Kepri sendiri telah mempersiapkan anggaran senilai Rp 94.442.920.414 rupiah bantuan hibah kepada 940 Rumah Ibadah dan Rp4.650.000.000 rupiah diserahkan kepada 3.800 Guru PA untuk 7 kabupaten/kota di Provinsi Kepri.

Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad foto bersama di sela-sela menyerahkan bantuan dana hibah tahun anggaran 2023. (Foto: dok Humas Pemprov Kepri)

Dari total anggaran tersebut, Kabupaten Bintan menerima anggaran senilai Rp9.468.500.000 rupiah bantuan hibah untuk 185 Rumah Ibadah dan Rp740.400.000 untuk 617 orang Guru Pendidikan Anak. Dimana masing-masing guru menerima 1,2 juta rupiah pada tahun anggaran 2023.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Ansar menyampaikan bahwa penyerahan bantuan hibah dan dana insentif ini merupakan upaya pemerintah provinsi dalam mendukung dan memperkuat peran penting rumah ibadah dan guru dalam membangun masyarakat yang berbudaya dan berpendidikan.

“Kita tau bantuan ini tidak terlalu besar, tapi tujuan utamanya ialah mendorong semangat bapak ibu untuk terus semangat membangun masyarakat. Kita paham betul peran bapak ibu sangat besar bagi kita semua, semoga bantuan ini dapat kita tambah lagi nantinya di tahun depan,” ujar Gubernur Ansar yang kemudian disahut oleh tepukan tangan dari masyarakat.

Dalam sehari, Gubernur Ansar menyerahkan bantuan kepada Rumah Ibadah di Kabupaten Bintan di dua lokasi berbeda. Di Kantor Bupati Kabupaten Bintan, Gubernur Ansar memberikan bantuan rumah ibadah untuk sejumlah kecamatan yaitu Kecamatan Bintan Utara untuk 10 penerima, Kecamatan Seri Kuala Lobam 21 penerima, Kecamatan Teluk Sebong 22 penerima, Kecamatan Teluk Bintan 11 penerima, Kecamatan Toapaya 13 penerima dan Kecamatan Tambelan 5 penerima.

Selanjutnya Gubernur Ansar bergerak ke Pujasera Taman Kota, Kijang, untuk menyerahkan bantuan rumah ibadah yang diberikan untuk Kecamatan Bintan Timur 29 penerima, Kecamatan Mantang 9 penerima, Kecamatan Bintan Pesisir 15 penerima, dan Kecamatan Gunung Kijang 37 penerima. Bantuan insentif kepada Guru PA juga di berikan sebanyak 172 orang Guru TK, 367 Guru PAUD, dan 78 orang Guru Raudatul Athfal.

Kembali Gubernur Ansar berharap bantuan ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Kabupaten Bintan. Ia juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk terus bersinergi dan bekerja sama dalam memajukan Provinsi Kepri.

“Dengan kolaborasi dan semangat gotong royong, kita dapat membangun Provinsi Kepri yang lebih baik dan memberikan kesempatan yang lebih baik pula bagi generasi mendatang,” tegas Gubernur Ansar.

Turut hadir Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar, Bupati Bintan Roby Kurniawan Ansar beserta Istri, Wakil Ketua I DPRD Provinsi Kepri Rizki Faisal, Anggota DPRD Provinsi Kepri Hanafi Ekra serta Kamarudin Ali, Tim Percepatan Pembangunan Provinsi Kepri Widya Iswara Utama Ir. Lamidi, Kepala OPD Provinsi Kepulauan Riau, Tokoh Masyarakat Gerry Yasid, Anggota DPRD Kabupaten Bintan, dan para Camat di Kabupaten Bintan.

Editor: PARNA