Perubahan gaya hidup jadi strategi paling jitu untuk mengatasi diabetes. Salah satu yang patut dicoba adalah dengan mengonsumsi beberapa herbal.

Ada beberapa herbal yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar gula darah. Herbal untuk pasien diabetes ini cukup mudah didapat.

Diabetes adalah kondisi di mana tubuh tak memproduksi insulin secara maksimal. Kondisi ini membuat gula menumpuk di dalam darah.

Jika tidak ditangani, diabetes bisa berujung pada komplikasi penyakit yang lebih parah. Sebut saja penyakit jantung, ginjal, hingga masalah saraf.

Herbal untuk turunkan kadar gula darah
Herbal bisa jadi salah satu pilihan cara untuk mengatasi tingginya kadar gula dalam darah. Namun demikian, herbal tak bisa dijadikan sebagai satu-satunya pengobatan diabetes.

Konsumsi herbal perlu dikombinasikan dengan metode medis lainnya untuk mengatasi diabetes.

Berikut beberapa pilihan herbal untuk menurunkan kadar gula darah, mengutip berbagai sumber.

1. Lidah buaya
Bukan rahasia lagi, lidah buaya memang memiliki banyak khasiat kesehatan, utamanya untuk kulit. Tapi selain itu, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai tambahan pengobatan diabetes.

Sebuah ulasan pada 2013 menemukan, lidah buaya membantu melindungi dan memperbaiki sel beta di pankreas yang memproduksi insulin. Efek ini dipercaya muncul berkat kandungan antioksidan yang dimiliki lidah buaya.

Mengutip Medical News Today, beberapa studi lain juga menemukan hal yang hampir serupa. Lidah buaya ditemukan dapat menurunkan kadar gula darah puasa, meningkatkan kadar insulin, hingga melindungi tubuh dari penyakit ginjal diabetik.

Namun demikian, semua penelitian hanya dilakukan pada hewan. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efeknya pada manusia.

2. Kayu manis
Kayu manis populer di tengah penderita diabetes karena kemampuannya memberikan rasa manis yang lebih aman daripada gula tambahan.

Di luar itu, beberapa penelitian juga menemukan bahwa kayu manis dapat membantu mengurangi kadar gula darah puasa dan resistensi insulin pada penderita pradiabetes dan diabetes tipe 2.

Anda bisa mencampurkan kayu manis dalam sajian makan, ke dalam secangkir teh, atau dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

3. Pare
Ada beberapa bukti yang menyebutkan bahwa pare dapat membantu mengelola diabetes.

Sebuah studi pada tahun 2020 menemukan, mereka yang mengonsumsi ekstrak pare memiliki kadar glukosa puasa yang lebih rendah setelah 12 minggu. Namun, tak ditemukan adanya perbedaan kadar HbA1c atau penanda diabetes.

4. Jahe
Tak cuma buat masalah pencernaan dan peradangan, jahe juga ditemukan dapat membantu mengelola diabetes.

Sebuah tinjauan pada 2015 menemukan, jahe punya kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah, namun tidak pada insulin.

Studi kecil pada 2017 menemukan bahwa jahe dapat menurunkan glukosa darah puasa dan kadar HbA1c.

5. Ginseng
Mengutip Healthshots, ginseng mengurangi tingkat penyerapan karbohidrat dalam tubuh. Karbohidrat sendiri merupakan biang kerok timbulnya diabetes.

Selain itu, ginseng juga merangsang produksi insulin oleh pankreas. Hal ini akan membantu gula darah masuk ke dalam sel-sel tubuh sehingga bisa diubah menjadi energi.

Demikian beberapa herbal untuk diabetes yang bisa dicoba. Konsultasikan terlebih dahulu jika Anda mau mencoba beberapa herbal untuk menurunkan kadar gula darah di atas.
Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com