Gaya hidup tidak sehat, termasuk dalam memilih makanan, menjadi biang kerok munculnya penyakit diabetes. Ada sejumlah jenis makanan penyebab diabetes yang harus diwaspadai.

Diabetes tipe 2 adalah suatu kondisi kronis di mana tubuh tidak memproduksi cukup insulin atau tidak menggunakan insulin dengan baik. Hal ini menyebabkan kadar gula darah tinggi, yang secara medis dikenal sebagai hiperglikemia.

Beberapa faktor risiko dapat meningkatkan kemungkinan terkena diabetes tipe 2. Salah satu faktor risikonya adalah pola makan yang tinggi makanan olahan, makanan manis, dan berlemak tinggi.

Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes. Maka itu, menghilangkan kebiasaan makan yang tidak sehat dapat menurunkan kemungkinan terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari.

Berikut beberapa jenis makanan penyebab diabetes.

1. Karbohidrat olahan
Ketika sumber karbohidrat diolah, vitamin dan mineral yang ada di dalamnya tentu akan hilang. Kalori tanpa nutrisi ditambah dengan kandungan gula tinggi merupakan pelaku utama penyebab diabetes. Sebisa mungkin, Anda perlu menghindari makanan jenis ini.

Sifat karbohidrat olahan yang mudah dicerna membuat makanan ini dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan kadar insulin. Seiring berjalannya waktu, kondisi itu bakal berujung pada diabetes tipe 2.

Dalam Archives of Internal Medicine yang dipublikasikan di JAMA Network, disebutkan bahwa pola makan tinggi karbohidrat olahan meningkatkan risiko diabetes tipe-2 sebesar 21 persen.

Untuk mengurangi risiko itu, artinya Anda perlu membatasi asupan makanan karbohidrat olahan seperti roti, biskuit, dan pasta.

2. Minuman manis
Sama seperti karbohidrat, minuman berpemanis memiliki indeks glikemik yang tinggi dan dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2.

Melansir Very Well Health, beberapa penelitian mendukung hubungan antara minuman manis dan diabetes tipe 2. Studi yang menyelidiki faktor risiko untuk penyakit kronis, menemukan bahwa minum minuman manis meningkatkan risiko diabetes dan penambahan berat badan.

Studi lain dari Archives of Internal Medicine menemukan bahwa diabetes tipe 2 lebih tinggi pada wanita yang mengonsumsi dua atau lebih minuman manis atau minuman buah per hari.

3. Lemak trans dan jenuh
Ilustrasi. Makanan yang mengandung lemak trans seperti daging adalah salah satu makanan penyebab diabetes. (iStockphoto/magnetcreative)
Menukil Healthline, kolesterol tinggi merupakan salah satu faktor risiko diabetes tipe 2. Sementara lemak jenuh diketahui mampu meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Lemak jenuh dapat ditemukan di sejumlah sumber makanan seperti daging, mentega, susu, dan keju. Berbeda dengan lemak jenuh, lemak trans merupakan salah satu bentuk dari lemak tak jenuh yang bisa membawa Anda pada risiko diabetes.

Umumnya, lemak trans ditemukan dalam makanan kemasan dan makanan yang digoreng atau dipanggang dengan minyak. Untuk menghindari lemak trans, Anda bisa menggunakan minyak zaitun saat menggoreng.

4. Daging merah
Daging merah, baik yang olahan atau tidak, sama-sama termasuk ke dalam kategori makanan penyebab diabetes tipe 2.

Sebuah penelitian dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa 3 ons daging merah per hari dapat meningkatkan risiko diabetes tipe-2 hingga 19 persen. Sementara konsumsi daging olahan bisa meningkatkan risiko hingga 51 persen.

Untuk itu, ada baiknya jika Anda beralih pada sumber protein yang mampu meningkatkan kesehatan seperti ikan. Atau, jika Anda ingin merasakan nikmatnya daging merah, Anda bisa mengombinasikannya dengan semangkuk sayur.

5. Alkohol
Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi alkohol secara berlebihan dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2.

Dalam studi oleh Diabetes Care, konsumsi alkohol berlebihan dideskripsikan sebagai 50 gram alkohol untuk wanita dan 60 gram alkohol untuk pria per harinya.

Itulah sejumlah makanan penyebab diabetes yang bisa diwaspadai sebelum terlambat.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com