Payudara yang kendur bisa mengurangi rasa percaya diri. Untuk itu, hindari beberapa kebiasaan yang bikin payudara kendur berikut ini.

Pada dasarnya, payudara akan mengendur seiring pertambahan usia. Gara-garanya, produksi kolagen yang sudah tak maksimal.

Padahal, payudara yang kencang jadi idaman hampir setiap perempuan.

Kebiasaan yang bikin payudara kendur
Jangan cuma salahkan pertambahan usia. Bisa jadi beberapa hal yang Anda lakukan membuat payudara semakin cepat mengendur.

Berikut beberapa kebiasaan yang bikin payudara cepat kendur.

1. Malas pakai bra
Tak memakai bra sama sekali bisa memengaruhi bentuk payudara. Hal yang sama juga terjadi jika Anda menggunakan ukuran atau jenis bra yang salah.

Melansir Healthline, ukuran bra yang sesuai bermanfaat dalam mempertahankan kekencangan payudara.

2. Jarang minum
Tak cuma bikin dehidrasi, kurang minum juga bikin kulit payudara jadi kering. Akibatnya, elastisitasnya pun akan ikut berkurang.

Pastikan untuk selalu memenuhi asupan cairan tubuh harian. Orang dewasa disarankan untuk mendapatkan asupan cairan 2 liter per hari.

3. Merokok
Merokok juga jadi salah satu kebiasaan penyebab payudara kendur. Pasalnya, merokok dapat menghambat suplai darah ke permukaan kulit dan mengurangi elastisitasnya.

4. Jarang pakai tabir surya
Tabir surya bisa menjaga elastisitas kulit, termasuk di antaranya di sekitar payudara. Hal ini bisa membantu payudara tetap kencang dan tidak berkerut.

Gunakan selalu tabir surya setiap beraktivitas sehari-hari, baik di dalam maupun luar ruangan.

5. Olahraga intensitas tinggi
Olahraga dengan intensitas tinggi bisa berakibat buruk pada kondisi payudara. Anda cukup melakukan olahraga ringan.

Jangan lupa juga untuk selalu mengenakan sport bra untuk menjaga keutuhan kolagen di dalam payudara.

6. Tidur tengkurap
Dalam kondisi tertentu, tidur tengkurap memang terasa nyaman. Namun hati-hati, tidur tengkurap justru bisa berdampak buruk pada kekencangan payudara.

Tidur tengkurap dapat mencegah aliran darah yang sehat ke arah payudara.

7. Sering membungkuk
Postur tubuh juga memengaruhi bentuk payudara. Terlalu sering membungkuk jadi salah satu kebiasaan yang bikin payudara kendur.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com