Virgin coconut oil (VCO) dikenal memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, terutama merawat kulit dan rambut. VCO sendiri adalah minyak kelapa murni dari inti buah kelapa matang yang didapat melalui pemurnian kimia.

VCO memiliki kandungan nutrisi penting yang akan membantu tubuh kita tumbuh sehat. Lebih lanjut, simak kandungan dan beberapa manfaat VCO di bawah ini.

Kandungan Nutrisi VCO
Dilansir PharmEasy, VCO sebagai minyak kelapa murni memiliki nutrisi, antara lain.

Vitamin C
Vitamin E
Asam lemak
Asam Lauric
Asam miristat
Antioksidan
Protein
Manfaat VCO untuk Kecantikan
Dilansir laman Made Mindful, berikut merupakan beberapa manfaat VCO untuk kecantikan:

1. Melembapkan dan Mengenyalkan Kulit
Manfaat minyak VCO untuk wajah adalah melembapkan kulit wajah alami. Pasalnya, VCO bisa berfungsi sebagai emolien, zat yang mengunci hidrasi kulit sehingga tetap lembut dan kenyal.

2. Membantu Menenangkan Kulit
VCO bermanfaat untuk berbagai penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis, kondisi kulit yang menyebabkan kulit kering dan gatal. Alasannya, karena VCO memiliki sifat menyejukkan, antibakteri, antivirus, antijamur, dan anti inflamasi yang bisa mengurangi keluhan atau masalah kulit.

3. Membantu Mengobati Luka dan Radang Kulit
Sifat antimikroba dalam VCO bisa berperan dalam mempercepat penyembuhan, dengan mencegah perkembangan mikroba.

Sebuah studi tahun 2019 dalam National Library of Medicine oleh Desy Cahya Widianingrum, dkk menemukan bahwa VCO bisa menghambat pertumbuhan bakteri staph, yang menyebabkan eksim atau dermatitis atopik, yang merupakan salah satu kondisi kulit yang paling mengganggu.

Hebatnya, manfaat VCO juga bisa meningkatkan sel-sel kulit yang melawan mikroba. Sehingga bisa menjadi alternatif antibiotik terutama untuk luka bakar di kulit.

4. Pelembab Bibir Alami
Kekuatan pelembab serta desinfektan minyak kelapa murni membantu menyembuhkan bibir kering serta pecah-pecah. VCO bekerja dengan dua cara, yakni dengan komponen lemak dari minyak mengunci yang kelembapan.

Sementara, sifat melawan bakterinya mampu mencegah infeksi. Kamu bisa mengoleskan VCO sebagai lip balm secara teratur, terutama setelah selesai mandi.

Selain khasiat penyembuhan, dengan demikian VCO juga bisa pengganti perawatan kulit yang bagus untuk menjadi lipbalm dan produk kosmetik lainnya.

5. Memperbaiki dan Menghaluskan Kulit
Telah terbukti secara ilmiah, bahwa VCO memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi kolagen (bahan penyusun utama kulit). Para peneliti mempelajari efek VCO pada lesi kulit dan menemukan bahwa, ada peningkatan kolagen yang signifikan pada luka yang diobati dengan VCO.

Dengan demikian, manfaat VCO bisa membantu kulit membangun kembali dengan kolagen setelah rusak. Dengan regenerasi kolagen yang lebih cepat, kulit bisa pulih kembali dari lesi, sekaligus bisa menjadi halus dan sehat kembali

6. Menjaga Rambut Tetap Subur dan Kuat
VCO bermanfaat untuk membantu melindungi rambut secara menyeluruh dan tetap subur. VCO menawarkan perlindungan terhadap kerusakan rambut dengan membentuk lapisan pelindung saat melapisi rambut saat diaplikasikan.

Minyak kelapa murni merupakan minyak terbaik untuk semua jenis rambut. Minyak ini akan membantu rambut dan kulit kepala mendapatkan kembali kelembapan yang sering hilang, terutama saat musim kemarau dan musim dingin.

VCO akan bekerja dengan sangat baik pada rambut kering, karena VCO punya sifat pengkondisian dan pelembab alami. Pengurangan rambut kusut juga merupakan salah satu manfaat dari VCO.

Pasalnya, rambut bertekstur atau keriting cenderung lebih kering daripada rambut lurus. itulah alasan minyak kelapa murni sering disarankan untuk melembapkan rambut dan kulit kepala.

Tidak hanya itu, penggunaan VCO di rambut secara teratur dapat membuat rambut menjadi lebih berkilau, melenting, dan tampak sehat.

7. Mencegah Ketombe dan Uban Rambut
Beberapa penyebab ketombe dan rambut beruban, yaitu karena adanya perubahan lingkungan, stres, perubahan hormonal, serta infeksi. Minyak kelapa murni bisa berperan dalam membantu melawan ketombe karena mengandung asam lemak, serta Vitamin E dan K.

Selain itu, memijat rambut dengan minyak kelapa murni juga dapat membantu mengatasi rambut beruban.

Itu tadi penjelasan tentang beberapa manfaat VCO sebagai minyak kelapa murni yang bisa digunakan sebagai pelembap tubuh, bibir, serta kondisioner untuk merawat dan menjaga rambut.

Editor: PARNA

Sumber: detik.com