Makanan yang dikonsumsi sehari-hari memiliki andil dalam memicu peningkatan berat badan. Ada sejumlah kebiasaan makan yang tak disadari bisa membuat berat badan naik dengan cepat.

Jika Anda tengah berjuang untuk menurunkan berat badan, Anda tidak hanya perlu menghindari makanan-makanan tertentu, tapi juga memperhatikan cara menyantapnya.

Sering kali cara makan memengaruhi seberapa banyak makanan yang dikonsumsi, baik dari sisi kecepatan makan, suasana saat makan, dan beberapa hal lainnya.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa kebiasaan makan yang jarang diketahui bisa membuat berat badan naik dengan cepat.

1. Makan terlalu cepat
Semakin cepat Anda makan, semakin besar kemungkinan Anda akan makan berlebih.

Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit bagi perut untuk memberi sinyal pada otak bahwa Anda sudah kenyang. Akibatnya, Anda cenderung mengonsumsi terlalu banyak kalori sebelum menyadari bahwa sudah waktunya untuk berhenti makan.

2. Makan di depan TV atau komputer
Melakukan aktivitas lain saat makan, seperti menonton televisi atau sambil bekerja, membuat Anda cenderung tidak memperhatikan seberapa banyak porsi makanan yang disantap.

3. Makan sembarangan
Jika Anda tidak berhenti dan memperhatikan apa yang dimakan, Anda mungkin akan terus menerus memasukkan makanan ke dalam mulut sepanjang hari tanpa menyadari berapa banyak makanan yang dilahap.

4. Makan dalam perjalanan
Ketika membeli makanan untuk dimakan di jalan, Anda cenderung membeli apa pun yang nyaman untuk dimakan di jalan dan tidak memperhatikan berapa banyak yang dimakan.

5. Sering makan di luar
Mengutip berbagai sumber, makan di luar membuat Anda tidak memiliki banyak kendali atas cara makanan disiapkan. Sayangnya, sering kali makanan yang dikonsumsi justru berkalori tinggi.

6. Melewatkan waktu makan
Melewatkan waktu makan lebih dari tiga sampai lima jam membuat Anda cenderung makan berlebihan saat waktu makan berikutnya. Anda juga cenderung mengonsumsi makanan pertama yang tersedia dan mudah dijangkau, yang bisa jadi bukan pilihan yang sehat.

7. Menggunakan piring besar
Menyajikan makanan di piring besar bisa berdampak pada seberapa puas Anda setelah makan. Porsi yang lebih kecil di piring besar terlihat kurang memuaskan bagi otak daripada porsi yang sama di piring yang lebih kecil.

8. Mengonsumsi terlalu banyak lemak sehat
Kacang-kacangan, alpukat, dan ikan berlemak seperti salmon mengandung lemak sehat seperti omega-3 dan lemak tak jenuh tunggal. Namun, makanan ini juga merupakan makanan berkalori tinggi yang tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak.

9. Tidak memiliki rencana makan
Makan di waktu yang tidak menentu tanpa rencana dapat menyebabkan makan secara impulsif. Anda bisa saja makan tanpa tujuan, ngemil larut malam, tidak makan dalam waktu yang lama, dan makan berlebihan.

Penelitian menunjukkan bahwa mengetahui apa yang akan dimakan dan kapan waktu memakannya dapat membantu Anda mengelola berat badan dengan lebih baik.

10. Terlalu banyak makan junk food
Terlalu banyak mengonsumsi makanan dari restoran cepat saji bisa membuat Anda mengonsumsi lebih banyak kalori, lemak, dan gula.

Terlalu banyak makan junk food termasuk salah satu kebiasaan makan yang bikin berat badan cepat naik.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com