Rutinitas olahraga bisa membantu menurunkan berat badan. Hampir semua metode diet untuk menurunkan berat badan diimbangi dengan olahraga.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk membakar kalori berlebih di dalam tubuh. Lantas, olahraga apa saja yang bisa menurunkan berat badan dengan cepat?

Olahraga yang menurunkan berat badan secara cepat Dilansir dari Forbes, para ahli merekomendasikan penurunan berat hingga 2 pon dalam seminggu. Dalam proses diet, pastikan tubuh Anda bergerak lebih banyak sehingga kalori di dalam tubuh semaki banyak terbakar.

Menurut Eat This Not That, beberapa jenis olahraga memiliki gerakan yang menuntut Anda untuk bergerak lebih. Dengan begitu, kalori yang terbakar di dalam tubuh semakin banyak.

Berikut di antaranya:

1. Berenang

Olahraga di dalam air, berenang membuat seluruh tubuh Anda bekerja. Olahraga ini menuntut tubuh untuk bergerak melawan resistensi sehingga lemak di dalam tubuh akan terbakar.

Di sisi lain, olahraga ini juga membantu membentuk otot. Beberapa orang mungkin meremehkan olahraga kardio.

Faktanya, penelitian membuktikan adanya keterkaitan olahraga berenang dengan penurunan berat badan. Baik itu gaya kupu-kupu, gaya dada, maupun gaya bebas. Dikutip dari World Health, berenang selama 30 menit bisa membakar 367-404 kalori.

2. Zumba

Zumba adalah olahraga yang dilakukan sekelompok individu dengan cara menari mengikuti irama musik. Olahraga jenis aerobik ini bisa menjadi pilihan untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Pasalnya, olahraga ini memiliki intensitas tinggi dan melibatkan gerakan cepat yang cukup rumit. Penelitian menunjukkan bahwa zumba bisa mengurangi lemak tubuh secara keseluruhan. Zumba selama satu jam mampu membakar rata-rata kalori 500-800.

3. Bola basket

Permainan bola basket merupakan olahraga kompetitif yang mampu membantu menurunkan berat badan. Olahraga ini mengombinasikan gerakan melompat dan ketahanan tubuh Bermain basket terasa menyenangkan karena dilakukan beramai-ramai antara dua tim yang saling bersaing. Studi Harvard Health Publishing mengungkap, bermain 30 menit bola basket bisa membakar kalori sebanyak 288.

4. Sepakbola

Sepakbola merupakan olahraga yang melatih seluruh anggota tubuh. Olahraga ini menuntut kinerja otot yang lebih intens karena melibatkan lari, lompatan, dan pergerakan yang cepat. Pertandingan sepak bola yang dilakukan selama dua babak masing-masing 45 menit ini mampu membakar kalori sebanyak 484.

5. Panjat tebing

Dikutip dari WebMD, panjat tebing merupakan latihan seluruh tubuh yang melibatkan kaki, lengan, hingga punggung. Olahraga ini menggabungkan kekuatan dan kerja aerobik yang mampu meningkatkan pembakaran kalori di siang hari. Penelitian memperkirakan, sebanyak 480-660 kalori terbakar ketika Anda melakukan panjat tebing selama satu jam.

6. Bersepeda

Olahraga bersepeda yang sempat kembali populer ini mampu membantu menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa bersepeda mampu meningkatkan kemampuan kebugaran seseorang, meningkatkan sensitivitas insulin, dan menurunkan beragam penyakit, seperti jantung dan kanker. Studi Harvard Health Publishing melaporkan, bersepeda selama 30 menit bisa membakar kalori sebanyak 210-441.

Seberapa sering olahraga dilakukan Menurut Eat This Not That, satu gerakan olahraga bisa dilakukan selama 30 menit untuk intensitas lambat. Dalam seminggu, setidaknya Anda menghabiskan olahraga selama 150 menit. Artinya, paling tidak Anda berolahraga 5 hari dalam seminggu dengan durasi masing-masing 30 menit.

Editor: PARNA

Sumber: kompas.com