Sedang bersiap liburan? Jangan lupa cicip berbagai kuliner di tempat tujuan wisata dunia.

Seperti dikutip CNN Travel mencatat 10 kuliner terbaik di 10 negara destinasi wisata dunia.

Liburan kian sempurna saat mencicip kuliner khas setempat. Anda tentu tidak melewatkan gudeg saat di Yogyakarta, mi celor di Palembang, lumpia di Semarang, atau pallubasa di Makassar.

Santapan tentu akan berbeda jika Anda berlibur di luar negeri.  Berikuti ini dirangkum kuliner-kuliner terbaik dari berbagai negara yang wajib dicicipi.

1. Amerika Serikat
Banyak makanan di AS berasal dari negara lain. Anda akan menemukan piza dari Italia, kentang goreng Belgia atau Belanda, lalu ada hamburger Jerman.

Di AS, sebaiknya cicip masakan rumahan seperti clam chowder, yakni sup dengan campuran kerang, potongan kentang, daging babi asin dan bawang bombay.

Untuk appetizer, Anda bisa mencicip cobb salad yang terdiri dari sayuran hijau, tomat, bacon, dada ayam, telur rebus, alpukat, chives, blue cheese, dan dressing red wine.

Dessert? Anda wajib menyantap key lime pie atau pai jeruk nipis. Pai bertekstur lembut dengan rasa agak asam.

2. Meksiko
Makanan Meksiko tak cuma taco, enchiladas, atau quesadillas. Anda perlu menjajal mole, tacos al pastor, dan tamales.

Cicip sajian khas Meksiko dengan mole. Mole merupakan saus yang terbuat dari cabai, rempah-rempah, dan cokelat.

Tacos al pastor merupakan taco dengan isian babi panggang yang dikenal sejak lama. Selain itu, ada tamales atau makanan bangsa Maya kuno yang dimasak dalam bungkus daun.

3. Thailand
Thailand selalu menawarkan sajian serba pedas, asam, manis. Turis juga kerap dibuat terpana dengan jajanan ekstrem seperti kecoa atau kalajengking goreng.

Mango sticky rice atau tom yum tentu sudah biasa. Coba sesekali cicip tom yum kung. Tampilannya mirip dengan tom yum biasa, tetapi citarasanya dominan serai, lengkuas, daun jeruk purut, dan cabai.

Rasanya kurang kalau ke Thailand tanpa makan kari. Kali ini, coba kari massaman yang merupakan hasil perkawinan kari gaya Thailand dan India.

Kemudian ada satu sajian lagi yang Thailand ‘banget’ yakni som tam atau salad pepaya yang rasanya pedas, manis, dan asin.

4. Yunani
Liburan di Yunani bakal memuaskan hasrat Anda memiliki unggahan foto menarik. Di sana, Anda tidak perlu pakai filter sebab laut biru dan bangunan putih sudah sempurna dalam sekali jepret.

Bagaimana dengan kulinernya? Buah zaitun dan keju memang umum ditemukan di sana. Namun, jangan lupa membubuhkan minyak zaitun pada makanan apa pun, termasuk roti untuk sarapan.

Jangan lupa mencicip spanakopita atau olahan bayam dengan keju feta yang ditutup dengan pastry kering.

Santai saja jika mengalami mabuk laut, ada gyros atau sandwich roti pita berisi daging panggang dan tzatziki (saus dari yogurt, timun, bawang, minyak zaitun, daun dill, mint, garam, dan lemon) yang bisa dicicip.

5. India
India terkenal dengan kuliner serba pedas dan kaya rempah. Namun sebenarnya, beda wilayah di India, beda pula kuliner khasnya.
Anda tidak perlu membayangkan bakal makan kari setiap hari. Ada begitu banyak sajian yang bisa dicoba seperti dal, dosa, dan chai.

Dal sebenarnya berupa lentil rebus yang dibuat jadi saus. Penggunaannya bervariasi mulai dari pancake, salad, atau topping makanan penutup.

Kemudian ada dosa atau panekuk isi seperti sayuran pedas atau keju. Untuk minumannya, India punya chai atau teh dengan campuran rempah.

6. Jepang
Popularitas kuliner Jepang dibuktikan dengan kehadiran beragam restoran Jepang di berbagai belahan dunia. Jika berlibur ke Jepang, maka ini jadi kesempatan Anda menyantap kuliner khas berbalut atmosfer Jepang sesungguhnya.

Sushi dan sashimi tidak boleh lewat dari daftar. Kemudian, jangan lupa cicip sup miso dan tempura alias gorengan khas Jepang.

7. Spanyol
Orang Spanyol suka ngemil di sela makan besar. Anda sebaiknya mencoba camilan yang biasa mereka santap.

Jamon iberico merupakan camilan gurih yang terbuat dari kaki babi. Daging diiris-iris tipis dan langsung meleleh di mulut saat disantap.

Untuk camilan manis, churros adalah pilihan terbaik. Anda bisa menyantapnya begitu saja atau dicelupkan di saus.

8. Prancis
Prancis kerap jadi tujuan wisata, terutama kota Paris. Suasana romantis Paris ditambah kuliner setempat tentu membuat kunjungan makin berkesan.

Apa yang bisa dicicip di Prancis? Banyak. Namun di antaranya ada escargot, macaron, dan baguette.

Lupakan foie gras, sebaiknya Anda langsung menyantap escargot atau olahan dari bekicot. Kemudian baguette alias roti panjang khas Prancis, lalu juga macaron. Macaron berbentuk seperti kukis bulat dengan krim di bagian tengah.

9. China
Kuliner bernuansa China banyak sekali ditemukan di sekitar Anda. Tentu Anda tidak asing dengan warung makan berlabel ‘chinese food’ dengan sajian kwetiau, fuyunghai, atau capcay.

Akan tetapi jika ke China, sebaiknya Anda memesan babi asam manis, dim sum, bebek peking, dan xiaolongbao.

Xiaolongbao mirip dengan pangsit tapi disiapkan di ‘xiaolong’ atau keranjang bambu yang merupakan wadah makanan selama proses mengukus.

10. Italia
Bertandang ke Italia berarti memaksimalkan kesempatan untuk menyantap makanan khas Italia yang selama ini ditemukan di restoran cepat saji.

Rasanya tentu saja beda dengan yang biasa disantap. Ragu alla bolognese (spaghetti bolognese) bisa dianggap sebagai food-to-go di Italia, terlebih jika tidak tahu mau makan apa.

Selain itu, ada juga piza yang jelas jadi sajian wajib. Ada pula salami Italia alias sosis daging yang biasanya terbuat dari daging babi.

Kalau untuk urusan minuman, masukkan cappuccino. Di sana, minuman ini diminum sepanjang hari.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com