Ada beberapa tanda yang ditunjukkan tubuh saat kekurangan vitamin C. Tanda-tanda ini biasanya berhubungan dengan kondisi kesehatan yang juga memburuk.

Anda memang bisa mengalami sejumlah masalah kesehatan saat kekurangan vitamin C. Mengingat zat ini memang penting untuk tubuh.

Vitamin C memang merupakan vitamin esensial. Saat makanan dengan kandungan vitamin C tidak dikonsumsi dengan baik, bisa dipastikan Anda akan kekurangan vitamin ini. Sebenarnya bukan sesuatu yang sulit untuk memenuhi kebutuhan vitamin C sehari-hari.

Nutrisi ini bisa didapat dari aneka buah dan sayur segar. Cukup tambahkan buah dan sayuran dalam setiap porsi makan Anda. Maka kekurangan vitamin C tak akan pernah Anda alami.

Kekurangan vitamin C bisa dialami siapa saja. Hal ini tentunya cukup buruk untuk kesehatan tubuh. Melansir Health Direct, saat tubuh kekurangan vitamin C, hal paling umum yang bisa terjadi adalah badan yang terasa tidak enak dan kurang sehat.

Bukan hanya itu, saat Anda kekurangan vitamin C yang parah, masalah kulit juga akan muncul. Hal ini tentu sangat mengganggu karena bisa merusak kepercayaan diri terkait penampilan di depan orang banyak.

Berikut beberapa tanda tubuh kekurangan vitamin C:
1. Luka lama sembuh
Vitamin C memiliki peran yang cukup penting dalam hal penyembuhan luka. Melansir WebMd, tubuh membutuhkan vitamin C untuk membuat kolagen.

Kolagen adalah protein yang berperan dalam penyembuhan dan perbaikan kulit. Jika kadar vitamin C dalam tubuh sedikit, maka produksi kolagen pun akan terhambat.

2. Gusi berdarah, mudah memar, dan mimisan
Vitamin C menjaga kesehatan pembuluh darah. Vitamin C juga membantu pembekuan darah.

Kolagen juga penting untuk kesehatan gigi dan gusi. Satu studi menemukan, bahwa orang dengan penyakit gusi yang makan jeruk bali selama 2 minggu menyadari bahwa gusi mereka berangsur-angsur sembuh.

3. Berat badan naik
Penelitian awal telah menemukan hubungan antara kadar vitamin C yang rendah dan jumlah lemak tubuh yang lebih tinggi, terutama lemak perut. Vitamin ini juga berperan dalam seberapa baik tubuh membakar lemak agar bisa menjadi energi.

4. Kulit kering dan keriput
Orang yang mengonsumsi makanan sehat dengan banyak vitamin C cenderung memiliki kulit yang lebih halus dan lembut. Hal ini terjadi, lantaran vitamin C adalah antioksidan.

Vitamin C dapat membantu melindungi kulit dari radikal bebas. Hal ini juga bisa memecah minyak, protein, bahkan DNA.

5. Gampang sakit
Vitamin C memiliki fungsi yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh. Makanya tidak heran jika Anda jadi gampang sakit jika kekurangan vitamin C.

Ada beberapa bukti bahwa vitamin C dapat membantu melindungi Anda dari penyakit seperti pneumonia dan infeksi kandung kemih. Bahkan dapat menurunkan peluang Anda terkena penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Itulah penjelasan terkait tanda tubuh kekurangan vitamin C. Waspada agar tubuh senantiasa sehat.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com