Istilah bahasa Inggris speechless banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari, bahkan telah menjadi bahasa gaul di Indonesia. Meski sudah sering terdengar, mungkin masih ada yang belum mengetahui speechless artinya apa.

Arti speechless secara harfiah adalah tidak bisa berbicara. Speechless terdiri dari kata speech dan less. Speech artinya berbicara, less berarti sedikit, kurang, atau tidak. Namun secara istilah, speechless bukan tidak bisa berbicara karena gangguan organ. Berikut penjelasannya.

Speechless Artinya Apa?

Dalam bahasa gaul atau percakapan sehari-hari, speechless artinya terdiam, membisu, atau tidak bisa mengungkapkan dengan kata-kata. Hal ini terjadi mungkin karena sangat terkejut atau terkagum-kagum dengan sesuatu.

Dilansir dari Cambridge Dictionary, speechless memiliki beberapa arti. Pertama, speechless adalah tidak dapat berbicara untuk sementara waktu atau tidak tahu apa yang ingin diungkapkan karena hal yang diungkapkan terlalu besar. Makna lainnya yaitu tidak dapat berbicara karena beberapa penyebab, seperti sangat marah, kaget atau terkejut.

Contoh penggunaan kata speechless dalam bahasa Inggris dan bahasa gaul adalah sebagai berikut.

  • She was speechless with indignation. (Dia terdiam karena marah).
  • I was speechless at this amazing sight. (Aku terdiam melihat pemandangan menakjubkan ini).
  • Dia memberiku kado spesial, sampai aku speechless.
  • Kabar duka ini membuatnya speechless.

Apa Saja yang Menyebabkan Speechless?

Penyebab speechless sudah sedikit kita singgung di atas. Berikut ini beberapa penyebab orang menjadi speechless.

1. Sulit Menjawab Pertanyaan

Orang mungkin akan speechless ketika menjawab pertanyaan sulit atau tidak terduga. Hal ini sering kali terjadi ketika menghadiri acara keluarga besar atau acara reuni. Pertanyaan ini antara lain sudah menikah, kapan lulus, sudah kerja, gajinya berapa, dan sebagainya.

2. Sangat Terkejut

Orang yang sangat terkejut bisa menjadi speechless atau tidak bisa berkata-kata. Terkejut ini bisa karena menerima kejutan dari teman, misalnya saat ulang tahun. Atau terkejut karena kaget menerima kabar buruk, misalnya setelah mendengar kabar keluarga meninggal dunia.

3. Sangat Gembira

Ketika sangat gembira, kita mungkin bingung bagaimana mengungkapkannya, sehingga justru terdiam atau speechless. Hal ini contohnya ketika menerima hadiah spesial atau tak terduga. Bisa juga speechless terjadi ketika bertemu tokoh idola atau melihat sesuatu yang menakjubkan.

4. Marah

Saat marah, mungkin seseorang berada di tingkat tidak bisa mengungkapkan kemarahannya sehingga hanya bisa terdiam atau speechless.

Itulah tadi penjelasan mengenai speechless. Detikers sekarang sudah tahu speechless artinya terdiam, membisu atau tidak dapat mengungkapkan dengan kata-kata. Penyebabnya bisa karena beberapa hal di atas. Semoga bermanfaat.

Editor: HER

Sumber: detikedu