Vogue Filipina mengungkapkan Maria Oggay alias Apo Whang-Od sebagai model sampul majalah Vogue edisi April. Perempuan 106 tahun ini pun jadi model sampul Vogue tertua.

Whang-Od dikenal sebagai mambabatok, seniman tato tradisional Kalinga, tertua di sana. Ia telah menyempurnakan seni tato di bawah bimbingan ayahnya sejak usia remaja.

“Disebut sebagai mambabatok terakhir di generasinya, dia telah menanamkan simbol-simbol suku Kalinga – yang menandakan kekuatan, keberanian, dan kecantikan – pada kulit ribuan orang yang telah berziarah ke Buscalan,” tulis Vogue Filipina dalam unggahan Instagramnya.

Whang-Od tinggal di desa di pegunungan Buscalan, Provinsi Kalinga. Perlu waktu sekitar 15 jam dari Manila untuk sampai ke sana.

Whang-Od hanya menggunakan batang bambu, duri dari pohon pomelo, air dan batu bara untuk menato. Meski begitu sederhana, wisatawan asing rela ke Buscalan demi tato geometris khasnya.

“Saat tamu datang dari jauh, saya akan memberi mereka tatak Buscalan, tatak Kalinga sepanjang mata saya bisa melihat,” kata Whang-Od dalam bahasa Butbut.

Pada bocoran sampul yang diunggah Vogue Filipina, Whang-Od tampil dengan tank-top hitam dan sejumlah aksesori. Tubuhnya diselimuti tato geometris berwarna hitam.

“[Teman-teman saya yang memberi tato] semuanya telah meninggal dunia,” kata Whang-Od pada CNN Travel pada 2017.

Dia mengaku sebagai satu-satunya seniman tato tradisional Kalinga yang masih hidup. Namun ia tidak takut tradisi itu akan mati sebab ia melatih master tato berikutnya.

Tradisi ini, kata dia, akan terus berlanjut selama orang terus datang untuk membuat tato.

“Selama saya bisa melihat dengan baik, saya akan terus membuat tato. Saya akan berhenti begitu penglihatan saya kabur,” katanya.

Pemimpin redaksi Vogue Filipina, Bea Valdes mengatakan pada staf di publikasi bahwa Whang-Od harus masuk sampul. Menurutnya, Whang-Od mewakili cita-cita tentang apa yang indah dalam budaya Filipina.

“Kami percaya bahwa konsep kecantikan perlu berkembang, dan mencakup wajah dan bentuk yang beragam dan inklusif. Yang ingin kami bicarakan adalah keindahan umat manusia,” tambah Valdes.

Sebelum Whang-Od, model sampul Vogue tertua dipegang oleh aktris Judi Dench. Ia tampil di sampul Vogue Inggris pada 2020 di umur 85 tahun.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia