Arsenal membawa pulang tiga poin dari lawatan ke rival London, FulhamThe Gunners menang 3-0 berkat Gabriel Magalhaes, Gabriel Martinelli, dan Martin Odegaard.

Laga Fulham vs Arsenal berlangsung di Craven Cottage, Minggu (12/3/2023) malam WIB, dalam lanjutan Liga Inggris. ‘Meriam London’ butuh sedikit waktu sampai berhasil membongkar rivalnya itu.

Gabriel Magalhaes membuka keunggulan Arsenal pada menit ke-21, disusul Martinelli lima menit berselang. Jelang babak pertama berakhir, Odegaard memberikan pukulan ketiga buat Fulham, sekaligus menjadi penutup pesta gol Arsenal di laga ini.

Kemenangan ini membawa Arsenal kembali memimpin lima poin atas Manchester City di puncak klasemen Liga Inggris. Skuad besutan Mikel Arteta itu mengoleksi 66 poin dari 27 laga, sedang Fulham tertahan di urutan delapan dengan 39 poin.

Jalannya Pertandingan

Arsenal langsung mencoba mengendalikan penguasaan bola sejak sepak mula. Tapi Fulham membuat tamunya itu kesulitan menemukan celah.

Pada menit ke-16, Arsenal sempat mencetak gol setelah umpan silang Gabriel Martinelli dihalau Bernd Leno dan mengenai Antonee Robinson. Bola masuk ke gawang, tapi Robinson beruntung gol ini dianulir VAR karena Martinelli offside.

GOL! Arsenal membuka jalan lima menit berselang dari sepak pojok. Umpan lambung Leandro Trossard ditanduk Gabriel Magalhaes dan tak kuasa dihentikan Leno.

GOL! Arsenal menggandakan keunggulan pada menit ke-26. Membangun serangan cepat dari belakang, bola digiring Trossard di kiri lalu diakhiri dengan umpan silang. Martinelli, tanpa mendapatkan cukup tantangan di depan gawang, menyundul bola dan mencetak gol kedua timnya.

Nyaris Arsenal memperbesar kedudukan pada menit ke-35. Kerja sama Martin Odegaard, Granit Xhaka, dan Leandro Trossard membuka celah Fulham. Xhaka tinggal menghadapi kiper, tapi sentuhan pertamanya buruk sehingga bola malah ‘diopernya’ ke kiper.

Peluang bagus lainnya dari Arsenal tiga menit kemudian. Saka menerima umpan dari Odegaard di kanan dan mengirim umpan tarik, yang dibiarkan Martinelli untuk Trossard. Trossard sempat melakukan gerak tipu, lalu menembak dengan kaki kiri dan berakhir tipis di kanan gawang.

Sebuah kesalahan dari Aaron Ramsdale nyaris dimanfaatkan Fulham. Umpannya dipotong oleh Andreas Pereira, yang coba menembak dari sudut sempit di kanan namun masih melenceng.

Arsenal kembali mengancam pada menit ke-44. Umpan silang Ben White disambar Martinelli di kesempatan pertama. Akan tetapi sepakannya masih terlalu lemah sehingga bisa ditepis Leno.

GOL! Arsenal mencetak gol ketiga tepat sebelum turun minum. Menerima umpan silang dari Trossard, Odegaard menusuk ke tengah kotak penalti dan dengan tenang menuntaskan lewat sepakan ke pojok kiri. Babak pertama tuntas.

Fulham mencoba menggebrak di awal babak kedua. Sepakan Pereira membentur Gabriel dan berakhir melenceng. Ia meminta penalti, tapi wasit dan VAR tak melihat ada handball.

Mistar gawang! Fulham nyaris menipiskan selisih pada menit ke-70, setelah percobaan Aleksandar Mitrovic membentur mistar gawang.

Gabriel Jesus mendapatkan peluang pada menit ke-85. Menerima umpan dari Fabio Veira, sepakannya dari kanan masih bisa dihalau kiper. Sampai pertandingan usai, tak ada lagi gol tercipta.

Editor: HER

Sumber: detikbola