Jenis kebutuhan manusia sangatlah beragam dan semakin banyak seiring berjalannya waktu. Kebutuhan manusia meliputi pangan, sandang, tempat tinggal, hingga pemenuhan jasa, seperti transportasi, pendidikan, kesehatan, dan hiburan.

Apabila semua kebutuhan itu terpenuhi, manusia dapat merasa puas dan sejahtera. Sebaliknya, kebutuhan yang tidak terpenuhi dapat berakibat pada terganggunya aktivitas sehari-hari bahkan memengaruhi keberlangsungan hidup seseorang.

Sejatinya, masing-masing individu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan tak terbatas.

Kebutuhan manusia dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia, profesi, tingkat pendidikan, status sosial, peradaban, pendapatan seseorang, hingga lingkungan.

Kebutuhan Manusia dan Alat Pemenuhan

Ilustrasi. Jenis kebutuhan manusia dan contoh alat pemenuhannya. (iStockphoto/Patrick Chu)

Jenis kebutuhan manusia dibagi menjadi empat yaitu berdasarkan kepentingan, waktu, sifat, dan subjek. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut jenis beserta contoh alat pemenuhan kebutuhan manusia.

1. Jenis kebutuhan manusia berdasarkan kepentingan

Jenis kebutuhan manusia berdasarkan kepentingannya dikelompokkan menjadi tiga, yaitu primer, sekunder, dan tersier. Simak penjelasannya.

  • Primer, yaitu kebutuhan paling utama yang harus dipenuhi karena dapat mengganggu kelangsungan hidup seseorang jika tidak terpenuhi. Contoh, kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Agar dapat hidup, manusia harus makan, minum, berpakaian, serta memiliki tempat tinggal yang layak untuk beristirahat dan berlindung dari cuaca seperti panas, hujan, udara dingin, dan sebagainya.
  • Sekunder, yaitu kebutuhan yang bersifat sebagai pelengkap yang harus dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Tujuannya agar mencapai kehidupan yang lebih baik. Contoh kebutuhan sekunder, lemari es, tempat tidur, meja, kursi, radio, televisi, buku, komputer, alat memasak, dan lainnya.
  • Tersier, yaitu kebutuhan yang bersifat mewah yang dipenuhi usai primer dan sekunder terpenuhi. Biasanya kebutuhan ini berkaitan dengan prestise seseorang. Contoh kebutuhan tersier, mobil mewah, televisi mewah, smartphone canggih, pakaian ciptaan desainer terkenal dan lainnya.

Karena kebutuhan setiap orang berbeda, ada yang menjadikan kebutuhan tersier sebagai sekunder tergantung pada pola hidup dan tingkat kesejahteraannya.

2. Jenis kebutuhan manusia berdasarkan sifat

Manusia juga memiliki kebutuhan yang digolongkan berdasarkan sifatnya, yaitu kebutuhan jasmani dan rohani.

  • Kebutuhan jasmani yaitu kebutuhan manusia bersifat fisik atau material untuk hidup layak dan baik. Manfaatnya dapat langsung dirasakan oleh raga manusia. Contohnya, olahraga, makanan dan minuman.
  • Kebutuhan rohani yaitu kebutuhan yang dirasakan oleh jiwa manusia dan sifatnya tidak berwujud. Contoh alat pemenuhannya yaitu hiburan, rekreasi, agama, senda gurau, dan lainnya.

3. Jenis kebutuhan manusia berdasarkan waktu

Kebutuhan manusia menurut waktu terbagi atas dua hal, yaitu kebutuhan sekarang dan masa mendatang.

  • Kebutuhan sekarang memiliki sifat mendesak untuk segera dipenuhi dan tidak dapat ditunda. Contohnya, ketika haus maka kamu harus segera minum untuk dapat memuaskan dahaga.
  • Kebutuhan masa datang yaitu kebutuhan yang pemenuhannya bisa dilakukan di masa yang akan datang. Contoh, tabungan biaya pendidikan yang direncanakan oleh orang tua untuk anak-anaknya.

4. Jenis kebutuhan manusia berdasarkan subjek

Kebutuhan manusia juga digolongkan berdasarkan subjek. Sebab kebutuhan antara individu dengan kelompok atau kolektif pasti berbeda.

  • Kebutuhan individu merupakan kebutuhan yang diperlukan secara perseorangan. Contoh seorang nelayan membutuhkan jala dan perahu. Berbeda dengan siswa yang butuh alat tulis, buku, dan seragam.
  • Kebutuhan sosial atau kelompok bertujuan memenuhi kebutuhan kolektif masyarakat. Contohnya, rumah sakit dan gedung olahraga yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan sosial masyarakat.

Demikian penjelasan jenis kebutuhan manusia yang perlu kamu ketahui. Selamat membaca!

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia