Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad melepas peserta even olahraga Tanjungpinang Running Tour di garis start Gedung Gonggong, Tanjungpinang, Minggu (18/12/2022).

Sedikitnya 1.000 peserta dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara ikuti dalam even lari sepanjang 10 kilometer tersebut.

Tingginya antusiasme peserta yang mengikuti Tanjungpinang Running Tour mendapatkan apresiasi dari Gubernur Ansar.

Tanjungpinang Running Tour diharapkan bisa menjadi salah satu daya dukung untuk sport-tourism yang sedang dipromosikan untuk menarik wisatawan datang ke Kepri.

“Setelah pandemi Covid-19 sudah melandai sekarang kita fokus ke pemulihan ekonomi melalui sektor pariwisata, Tanjungpinang Running Tour ini sangat bagus karena even olahraga seperti ini juga bisa mengenalkan Tanjungpinang ke penikmat olahraga secara luas,” ujar Gubernur Ansar didampingi Ketua TP-PKK Kepri Hj. Dewi Kumalasari Ansar.

Bupati Bintan dua periode itu juga berharap, Tanjungpinang Running Tour bisa memberikan dampak positif untuk perputaran ekonomi, seperti tingkat okupasi hotel dan juga jasa event organizer di Tanjungpinang.

Ketua Pengarah Tanjungpinang Running Tour Joko Yuhono mengatakan, seluruh peserta lari berasal dari Kepri, Yogyakarta, Jakarta, Bogor hingga Singapura.

Kepala Kejaksaan Negeri Tanjungpinang tersebut juga menjelaskan para peserta terdiri dari tiga kategori, meliputi kategori umum sebanyak 570 peserta, kategori pelajar 120 peserta, dan sisanya kategori veteran.

Seluruh peserta Kepri 10K akan mendapatkan medali, dengan catatan mampu memasuki garis finish. Acara ini juga dimeriahkan aneka pertunjukan seni dan budaya, seperti joget dangkong, reog, barongsai, hingga angklung.

Diketahui, tahun 2022 ini banyak even sport-tourism yang digelar di Kepulauan Riau. Di antaranya Turnamen Golf APINDO Kepri, International Batam Golf Championship Series #2, Kepri Archery Clubs Championship (KACC) Piala Gubernur Kepri 2022, Tour De Bintan di Kabupaten Bintan, Kejurnas IV Kickboxing Indonesia-Piala Bergilir Bapak Airlangga Hartarto serta Kejuaraan Basket Piala Gubernur 2022.

Editor: HER