Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM) Batam, mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) hingga 31 hari kedepan.

Penyaluran pertama ini dilakukan untuk 1.271 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dari total jumlah penerima sebanyak 28.990 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Plh Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Batam, Leo Putra menyebutkan nantinya, setelah penyerahan, petugas melakukan verifikasi kepada setiap penerima.

Petugas juga akan lebih mengutamakan kaum lansia, ibu hamil, pembawa anak, warga yang sedang pemulihan setelah sakit.

“Penyerahan dilakukan dalam kurun waktu 31 hari kedepan. Di 12 titik kecamatan yang tersebar di seluruh Kota Batam,” ungkapnya, Sabtu (26/11/2022)

Menariknya, untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang penerimanya disabilitas, lansia yang kesehatannya sudah menurun PT Pos Indonesia akan mengantar BLT tersebut langsung ke rumahnya.

“Per keluarga Rp 300 ribu hanya satu kali,” lanjutnya.

Diakuinya KPM yang menerima ini adalah masyarakat kurang mampu yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS ) di Kota Batam, tetapi tidak menerima bansos dari pusat, seperti PKH, Sembako, BLT dan lain sebagainya.

“Dalam DTKS sudah dapat by name by addressnya. Awalnya kami verifikasi sekitar 54 ribu KPM. Hasilnya 28.990,” katanya.

Sejauh ini prosesnya, pemilihan pihak ketiga dalam penyalurannya, melalui hasil e-katalog.

Ia menambahkan Dinsos Kota Batam telah menyelesaikan proses adminstrasi dan pendataan.

“Hasil verifikasi sudah juga, nama nama penerima, tim teknis, tim pendampingan, perwako juga sudah. Sekarang kami lagi,” katanya.

Editor: WIL