Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kepulauan Riau Said Sudrajat pimpin rapat persiapan pelaksanaan Konferensi Nasional Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) VII 2022, Senin (3/10/2022).

Kepri tahun ini mendapatkan kesempatan istimewa karena menjadi tuan rumah di Konferensi Nasional FKUB yang rencananya digelar 5 – 6 Oktober 2022 ini.

Sebagai persiapan, Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kementerian Agama menggelar rapat koordinasi pelaksanaan Konferensi Nasional FKUB. Turut hadir Kakanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Riau Mahbub Daryanto dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri.

Konferensi Nasional FKUB ini bertujuan menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Kepri bahkan Indonesia mencintai kerukunan.

Said Sudrajat berharap PKUB Kemenag dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Menurutnya, PKUB adalah institusi yang berkepentingan mengurus dan memelihara kerukunan di Indonesia.

“Kami berharap Kementerian Agama khususnya PKUB selaku institusi yang berkepentingan mengurus dan memelihara kerukunan dapat berpartisipasi mendukung dan bersinergi dengan kami untuk menyukseskan kegiatan ini, sekaligus menjadi momentum memperkenalkan PKUB di tingkat nasional bahkan internasional,” kata Said Sudrajat.

Kakanwil Kemenag Kepri Mahbub Daryanto menambahkan, kegiatan ini dapat menjadi momentum penguatan implementasi moderasi beragama seperti yang selama ini menjadi program Kementerian Agama.

Menurutnya, semangat penguatan moderasi beragama adalah terwujudnya kehidupan yang menekankan kerukunan antar umat beragama, inter umat beragama dan antar umat beragama dengan pemerintah.

“Ini adalah momentum yang tepat untuk penguatan dan pengimplementasian moderasi beragama,” tutur Mahbub Daryanto.

Rapat ini disepakati bahwa PKUB mendukung penuh kegiatan tersebut dan akan mengkomunikasikan dengan pimpinan untuk kemungkinan PKUB mengambil bagian dalam bentuk kegiatan kerukunan melalui program PKUB yang dilaksanakan di Kepulauan Riau.

Editor: HER