Ilustrasi pasar tradisonal. Foto. Ist

Harga beberapa komoditi pangan di Kota Batam, Kepulauan Riau mulai merangkak naik sejak Pemerintah mengumumkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sejak seminggu lalu.

Hal ini menjadi keluhan dari para pedagang, seperti yang disebutkan oleh Along salah satu pedagang bahan pangan di Pasar Botania I, Batam Center.

“Harga bawang sekarang naik, bawang merah dari Jawa sekarang harga jualnya udah Rp35 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp32 ribu,” ujarnya, Kamis (22/9/2022).

Along melanjutkan, untuk harga komoditi lain seperti bawang merah Birma juga mengalami kenaikan hingga Rp38 ribu per kilogram.

Kenaikan harga bawang Birma Balary juga diutarakannya mengalami kenaikan yang cukup signifikan, dan kini sudah mencapai Rp50 ribu per kilogram.

“Kenaikan harga bawang di tempat aku sudah naik sejak seminggu belakangan ini,” ungkapnya.

Dengan kenaikan harga komoditi ini, Along sendiri menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap pendapatan dari hasil penjualan.

“Syukur-syukur bisa capai target untuk jualan bawang ini bang. Sekarang susah, lebih banyak sisa daripada yang bisa dijual. Udah mulai terasa sih sejak minggu kemarin,” ungkapnya.

Sementara di warung lainnya, harga cabai merah keriting saat ini dijual bervariasi, mulai dari harga Rp70 ribu hingga Rp75 ribu per kilogram.

Sedangkan cabai rawit berkisar di harga Rp40 ribu, dan harga cabai setan Rp85 ribu per kilogram.

“Harga cabai sudah mulai turun sekarang, kalau kita tergantung dari pemasok, kalau tidak ada kendala pengiriman, harga bisa normal, kan cabe kita dari luar semua,” ujar pemilik warung, Daci.

Daci juga menyebutkan, harga komoditas lain seperti telur ayam mengalami penurunan yakni per papan dijual seharga Rp45 ribu.

Dimana beberapa waktu lalu harga telur mencapai diatas Rp50 ribuan, bahkan sempat menembus di harga Rp59 ribu per papan.

“Kita adanya telur dari Medan saja, kalau telur Barelang itu masih tinggi, disini kurang jalan (kurang laku) karena mahal,” lanjutnya.

Kemudian, untuk ayam potong segar pedagang di Pasar Botania I dijual dengan harga Rp36 ribu hingga Rp38 ribu. Lalu harga ikan dan udang serta sotong, masih terbilang normal.

“Harga udang masih biasa Rp85-95 ribu per kilogram, tergantung besar dan kualitasnya, ikan Kaci Rp45 ribu per kilogram, ikan tongkol putih Rp42 ribu dan tongkol merah Rp39 ribu per kilogram,” kata Doni.

Editor: WIL