Ada momen menarik tersaji disaat pembukaan MTQ IX 2022 Provinsi Kepri di Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (14/7/2022).

Momen itu diawali saat Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad mengabsen satu persatu kepala daerah yang hadir di Masjid Agung Baitul Ma’mur, tempat kegiatan pembukaan MTQ IX itu berlangsung.

Kepala daerah pertama yang dipanggil namanya adalah Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris beserta istri.

Ansar pun sempat memuji Abdul Haris yang menurutnya hebat, karena berhasil menyelesaikan pembangunan astaka utama untuk pelaksanaan MTQ IX.

“Kenapa saya bilang hebat, tiga hari yang lalu saya ke sini baru 85 persen. Ini macam disulap ini, sekarang sudah selesai. Alhamdulillah,” tuturnya.

Usai menyapa Abdul Haris, Ansar pun melanjutkan menyapa kepala daerah atau wakil kepala daerah yang hadir dalam kegiatan itu.

Seperti, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, Bupati dan Wakil Bupati Natuna Wan Siswandi dan Rodhial Huda. Selanjutnya, Bupati Lingga M Nizar, Wakil Bupati Karimun M Hasyim.

Suasana terlihat semakin mencair ketika Gubernur Ansar mengabsen Wakil Wali Kota Batam Amsakar Ahmad. Awalnya, Gubernur Ansar sempat mencari keberadaan Amsakar Ahmad.

“Mana dia.. baju putih tadi,” ucapnya sembari tersenyum.

Tak lama kemudian, Amsakar pun berdiri di antara para undangan yang hadir dalam kegiatan itu.

“Namanya hampir sama dengan saya. Jadi kalau berpasangan mudah orang milihnya,” sebut Ansar disambut tawa dan tepuk tangan undangan yang hadir.

Setelah itu, Ansar pun melanjutkan mengabsen kepala daerah dan wakil kepala daerah lainnya. Seperti, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Endang Abdullah, dan Plt Bupati Bintan yang dalam kesempatan itu diwakili Asisten I Pemkab Bintan Wan Rudi Iskandar.

Dalam sambutannya Ansar mengatakan, kehadiran tamu undangan dalam pembukaan MTQ IX 2022 ini, mampu membangkitkan semangat untuk menjadikan Provinsi Kepri sebagai provinsi yang qurani.

“Mudah-mudahan mendapat berkah dari Allah SWT,” harapnya.

Seperti diketahui, perhelatan MTQ IX 2022 tingkat Provinsi Kepri ini akan berlangsung mulai 14 hingga 20 Juli 2022.

Ada 8 cabang dan 46 golong yang akan dipertandingkan di ajang MTQ IX 2022 ini dengan jumlah perserta 378 orang yang berasal dari 7 kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau.

Editor: RIKASWIN

Sumber: hariankepri.com