Salah satu cara terbaik untuk memulihkan ruang komputer atau ponsel adalah dengan cara membersihkan cache pada peramban atau browser.

Ponsel dan PC yang lemot atau sering disebut lag, kerap menjadi persoalan beberapa pengguna gedget atau perangkat komputer. Terlebih, saat ini aktivitas banyak dibebankan ke perangkat elektronik.

Semenjak pandemi Covid-19 melanda, banyak aktivitas fisik beralih ke digital, mulai dari berbelanja, bekerja, sekolah hingga rapat. Sederet kegiatan itu tak jarang menemui kendala karena memori penuh.

Mengutip PC Mag, cache perambaan adalah sebuah area penyimpanan temporer dalam memori atau disket yang menyimpan halaman hasil unggahan terkini. Ketika pengguna berpindah dari satu situs ke situs lain, cache membuat perpindahan itu lebih cepat tanpa harus mengunduh lagi dari internet.

Demi memastikan bahwa halaman terakhir yang tampil, peramabaan atau browser membandingkan data dari halaman yang ada di cache dengan kondisi terkini situs halaman tersebut Jika halamannya berubah maka itu akan diunduh, ditampilkan dan ditaruh di cache.

Jika cache dihapus dapat membantu meningkatkan kecepatan perambaan atau browser saat memuat halaman. Hal ini dilakukan dengan menyimpan aset dari situs web yang sering dikunjungi serta menyimpan preferensi.

Cache yang tidak pernah dihapus akan membebani ruang penyimpanan pada ponsel, padahal data cache yang tersimpan bisa berasal dari situs yang tak pernah dikunjungi lagi.

Berikut cara menghapus cache di browser utama di Google Chrome, dikutip situs resmi Google.

Cara Hapus Cache di Chrome

-Klik titik tiga di pojok kanan atas

-Pada versi desktop, pilih Alat Lainnya > Hapus Data Penjelajahan. Sedangkan pada aplikasi seluler, pilih Pengaturan > Privasi dan keamanan > Hapus data penelusuran

-Pastikan kotak Gambar dan file cache dicentang

-Gunakan menu Rentang waktu untuk memilih seberapa jauh ke belakang

-Klik tombol Hapus data

Cara Hapus Cache di Safari

Menghapus cache pada broswer milik Apple, Safari terbilang sangat mudah. Tidak hanya itu, riwayat penelusuran, dan cookie juga bisa sekaligus dilakukan. Berikut cara untuk melakukannya.

-Buka Safari di desktop Anda> pergi ke menu dan hapus history

-Pilih periode waktu (jam terakhir, hari ini, hari ini dan kemarin, semua riwayat) yang ingin Anda hapus> klik Hapus Riwayat

-Jika lewat iPhone, ketuk ikon Bookmark di bagian bawah layar yang terlihat seperti buku yang terbuka> pada ikon History, ketuk tombol Hapus dan pilih periode waktu.

 

Cara Hapus Cache di Microsoft Edge

Cara menghapus cache lewat browser Edge untuk desktop dan seluler, memiliki cara yang terbilang beda. Berikut cara untuk menghapus di PC.

-Klik titik tiga di pojok kanan atas

Pilih Pengaturan > Privasi, pencarian, dan layanan

-Gulir ke bawah ke Hapus data penjelajahan dan klik Pilih yang akan dihapus

-Pastikan gambar dan file yang di-cache dicentang dan periksa data lain yang ingin Anda hapus

-Pilih rentang waktu untuk memilih interval hapus cache. Ada pilihan 1 jam terakhir, 24 jam terakhir, empat minggu terakhir, atau sepanjang waktu

-Klik Hapus sekarang

 

Cara Hapus Cache di Edge Seluler

-Ketuk tiga titik di bagian bawah layar dan pilih Pengaturan > Privasi dan keamanan

-Pilih Hapus data penjelajahan

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia