Dirut LPP TVRI Iman Brotoseno bersama anggota DPR-RI Komisi I Sturman Panjaitan menyerahkan STB kepada masyarakat Natuna.

Perluasan jangkauan siaran televisi digital terus dilakukan pemerintah melalui Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI untuk menjangkau pelosok-pelosok daerah di Indonesia termasuk Kepri.

Provinsi Kepulauan Riau termasuk dalam provinsi tahap pertama yang memulai Analog Switch Off (ASO) atau dimatikannya siaran televisi analog sejak 30 April 2022.

Dirut LPP TVRI Iman Brotoseno bersama anggota DPR-RI Komisi I Sturman Panjaitan mengunjungi langsung Kabupaten Natuna pada Senin (9/5/2022) untuk menyerahkan bantuan Set Top Box (STB) kepada masyarakat Natuna.

Iman dan Sturman disambut langsung Bupati Natuna Wan Siswandi serta Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepri Aludin Andi dan Kepala Bidang Komunikasi dan Kehumasan Diskominfo Kepri James Simon Pattikawa.

“Kami diberikan tugas dari pemerintah untuk memastikan khusus daerah-daerah terluar seperti Natuna di Kepri siaran televisi digital dapat dinikmati masyarakat,” kata Iman Brotoseno.

TVRI berpartisipasi secara mandiri untuk memberikan bantuan STB secara gratis bagi masyarakat yang tidak mampu di Natuna. Pada tahap awal ini dibagikan sebanyak 100 unit STB untuk masyarakat Natuna.

“Kita masih butuh data yang lebih spesifik yang berhak menerima STB ini, karena ada kriteria khususnya,” ujar Iman Brotoseno.

Kriteria khusus yang dimaksud Iman Brotoseno adalah keluarga tidak mampu yang terdata dalam DTKS dan telah memiliki televisi di rumah.

Iman mengungkapkan TVRI memiliki 361 lokasi pemancar di seluruh Indonesia. Hal inilah yang membuat TVRI menjadi stasiun televisi yang mempunyai jangkauan terluas di Indonesia yang mampu menembus pulau-pulau terluar dan terdepan.

Mengenai televisi digital, Iman menjelaskan jika kelebihan tv digital dibandingkan tv analog adalah kualitas gambarnya yang jauh lebih jernih dan bersih. Terlebih lagi tv digital bisa dinikmati secara gratis hanya dengan STB.

“Tadi kita sudah simulasikan di rumah warga dan hasilnya sangat bagus sekali tidak perlu antena lagi, karena kita punya pemancar disini,” katanya.

Sementara itu, Bupati Natuna Wan Siswandi mengapresiasi kehadiran TVRI di Natuna. Menurutnya TVRI bisa menjadi penyambung lidah antara pemerintah dan masyarakat Natuna untuk Indonesia maupun negara luar.

Kehadiran TVRI akan semakin melengkapi pembangunan di Kabupaten Natuna. Tahun ini Pemerintah Kabupaten Natuna telah memprioritaskan berbagai pembangunan diantaranya pembangunan jalan dan penambahan lampu jalan.

“Dari APBD Natuna sudah memprioritaskan beberapa pembangunan untuk membedakan jalan antara ibukota kabupaten dengan kecamatan, untuk penambahan lampu jalan juga kita gunakan CSR dari Bank Riau Kepri,” katanya.

Editor: HAIRIL