Idul Fitri 1444 Hijiriah yang tinggal menghitung hari, kini membuat beberapa ibu rumah tangga mulai melakukan berbagai persiapan.

Salah satunya mempersiapkan daging ayam, sebagai salah satu bahan baku utama yaitu opor ayam dan rendang yang menjadi menu khas disaat Lebaran Idul Fitri.

“Penting ini daging ayam mas, memang sih masih beberapa hari lagi. Tapi mulai sekarang udah mulai persiapan lah mas,” ujar Yuli salah satu warga Perumahan Botania, Selasa (26/4/2022).

Sebagai ibu rumah tangga, Yuli lebih memilih belanja bahan baku untuk hidangan Lebaran lebih cepat, dikarenakan menghindari kerumunan pada H-3.

“Belajar dari pengalaman tahun lalu, belanja tepat menjelang Lebaran yang tinggal beberapa hari, penuhnya pasar bukan main,” jelasnya.

Hal senada juga diutarakan Yeni yang ditemui tengah berbelanja di Pasar Botania 2, Batam Center.

Selain menghindari keramaian yang mungkin terjadi disaat H-3 Idul Fitri, biasanya menjelang Idul Fitri ada kemungkinan harga bahan baku akan mengalami kenaikan.

“Udah pasti bakal ramai, takutnya nanti akan ada kenaikan harga. Lebih baik beli sekarang, dan simpan di freezer kulkas,” terangnya.

Sementara itu, pantauan di Pasar Botania 2, Batam Center saat ini harga daging ayam potong, segar serta daging sapi beku dan segar masih belum mengalami kenaikan sejak awal Ramadhan 1443 Hijiriah.

Untuk daging sapi beku saat ini masih dibanrol dengan harga Rp90 ribu hingga Rp94 ribu per kilogram.

Sementara untuk daging ayam beku kini dijual dengan harga Rp25 ribu per kilogram, dan daging ayam segar dijual dengan harga Rp35 ribu.

“Harga daging ayam beku belum mengalami kenaikan di tempat saya mas,” jelas Sri salah satu penjual daging ayam di Pasar Botania 2.

Sementara di toko lainnya, harga daging segar dijual dengan harga Rp120 ribu hingga Rp150 ribu per kilogram bergantung kualitas.

“Daging ayam kampung segar dijual dengan harga Rp70 ribu per kilogram bang,” papar Yanto.

Editor: WIL