Apakah Anda pernah mengalami cemas saat bekerja? Atau, merasa tak bersemangat saat kembali bekerja di hari Senin setelah libur akhir pekan?

Jika pernah mengalami hal tersebut, Anda mungkin mengalami gangguan kecemasan di tempat kerja, atau juga dikenal sebagai stres bekerja. Beberapa cara mengatasi stres di tempat kerja mungkin bisa membantu Anda lebih rileks.

Stres bekerja tidak hanya dialami saat berada di kantor bersama atasan atau rekan kerja lainnya. Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) juga bisa mengakibatkan kecemasan.

Konselor profesional Annia Palacios menyebutkan sejumlah gejala yang menandakan seseorang mengalami kecemasan saat bekerja. Berikut di antaranya, melansir Healthline.

– merasa lebih baik di malam hari, tetapi lebih buruk di pagi hari;
– merasa sakit secara fisik ketika memikirkan pekerjaan atau menerima email dan panggilan kerja;
– sulit fokus pada tugas-tugas tertentu;
– motivasi bekerja menurun;
– sering menunda pekerjaan;
– menghindari rapat, proyek baru, atau acara yang berhubungan dengan pekerjaan.

Stres di tempat kerja bisa terjadi karena berbagai alasan. Stres pada pekerjaan juga bergantung pada kondisi setiap individu.

Cara Mengatasi Stres di Tempat Kerja
Kecemasan di tempat kerja bisa dikelola dengan berbagai cara. Berikut cara mengatasi stres di tempat kerja.

1. Temukan pemicu stres
Stres bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Anda bisa mengatasi kecemasan dengan mencari tahu penyebabnya. Anda bisa mencari tahu penyebab Anda stres dengan menuliskan momen saat merasa cemas.

Mengidentifikasi situasi spesifik yang meningkatkan tingkat stres dapat membantu Anda menemukan strategi terbaik untuk menanganinya ke depan.

2. Istirahat sejenak
Anda dapat beristirahat sejenak untuk mengatur emosi. Berjalan sejenak dari meja kerja dan berlatih pernapasan dapat membantu Anda untuk berpikir jernih dan mengurangi kecemasan.

3. Rutin olahraga
Selama dan setelah berolahraga, tubuh melepaskan neurotransmitter yang menenangkan dan meningkatkan suasana hati.

Berolahraga sebelum bekerja dapat membantu tubuh mengatasi situasi tempat kerja yang menyebabkan kecemasan.

Sementara itu, olahraga setelah bekerja dapat membantu menempatkan Anda dalam pola pikir yang berbeda di mana Anda dapat mengatasi perasaan cemas dengan lebih baik.

4. Mengatur pekerjaan
Ketika proyek dan presentasi besar menyebabkan kecemasan, mengatur pekerjaan dapat membantu mengurangi perasaan kewalahan.

Anda bisa melakukannya dengan memecah tugas-tugas besar menjadi langkah-langkah yang lebih kecil. Anda juga dapat menentukan waktu penyelesaian setiap tugas.

5. Mengatur batasan bekerja
Cara mengatasi stres di tempat kerja yang terakhir adalah dengan mengatur batasan bekerja. Anda bisa melakukannya dengan berbagai cara, seperti menetapkan waktu tertentu untuk memulai dan mengakhiri jam kerja.

Selain itu, Anda juga bisa berkomunikasi dengan atasan atau rekan kerja untuk membahas pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda. Cara ini dipercaya dapat menurunkan tingkat kecemasan di tempat kerja.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia