Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tanjungpinang menggelar sosialisasi dalam rangka menyukseskan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 bersama awak media.

“Bawaslu Kota Tanjungpinang akan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipasi bersama media massa di Kota Tanjungpinang,” ujar Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Muhamad Zaini, Rabu (30/3/2022).

Tampil sebagai pembicara dalam kegiatan ini Dr Suryadi M.H. Dosen UMRAH itu menyebut tujuan sosialisasi ini untuk berkolaborasi atau bekerja sama menyukseskan pemilu sesuai dengan bidang tugas pengawasan yang bertugas mengawasi.

“Melibatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu serta di dukung oleh media. Laporkan bila ada temuan temuan di luar pengawasan. Selama ini mungkin kurang bisa jadi karena masyarakat tidak tahu proses mekanismenya,” ungkapnya.

Tingkat lemahnya masyarakat kepada hasil pemilihan itu akan terjadi indikasi sulitnya nanti penyelenggara pemerintahan untuk menjalankan Pemilu.

“Suksesnya demokrasi di Indonesia mulai dari partai politiknya atau kontestannya, indikatornya masyarakat sipilnya penyelenggara Pemilu. Pemerintah daerah, pemerintah pusat dan para media mengidentifikasi dan menginformasikan kepada masyarakat terkait berita tentang pemilihan secara aktual,” terangnya.

Persiapan dan pengawasan Bawaslu Kota Tanjungpinang menuju Pemilu dan Pilkada 2024 yaitu peningkatan kapasitas SDM Bawaslu, peningkatan kehumasan Bawaslu, pendidikan politik pengawasan partisipatif, pengawasan PDPB (Badan Data Pemilihan Berkelanjutan) dan kerja sama MoU kelembagaan.

Editor: DWIK