Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad hadir dan membuka secara resmi Kejuaraan Panahan Antar Pelajar se-Kepulauan Riau di Sekolah Sultan Agung Batam, Taman Raya, Kota Batam, Sabtu (26/3/2022).

Hadir pada kesempatan ini Anggota DPRD Kepri sekaligus Wakil Ketua KONI Kepri Asmin Patros, Ketua Perpani Kepri Abdul Razak, Staf Khusus Gubernur Syarafuddin Aluan dan Angelina, Kepala Badan Kesbangpol Lamidi, Kepala Dispora M.Ikhsan, Kepala Dinas Pendidikan Andi Agung, Kepala Biro Umum Abdullah serta Kepala Biro Administrasi Pimpinan Dody Sepka serta Ketua Yayasan Sultan Agung Batam Fiadi Minarsa dan Direktur Pendidikan Sekolah Sultan Agung Yulia Yusman.

Panahan, kata Ansar, merupakan olahraga yang sudah  merakyat di indonesia dengan dibuktikan banyak lahirnya klub-klub panahan di hampir di seluruh daerah di Indonesia. Panahan juga menjadi salah satu olahraga yang sangat diminati.

Kemudian kalau berbicara dari sisi agama, olahraga panahan ini merupakan salah satu dari Sunnah Rasulullah. Karena Rasulullah dulu juga berolahraga panahan.

“Ternyata setelah digali secara medis, olahraga panahan ini dapat memperkuat konsentrasi, memperkuat keseimbangan tubuh, memperkuat koordinasi satu dengan yang lain serta mengajarkan kepada kita untuk fokus menghadapi sesuatu,” kata Ansar.

Menurut Ansar, untuk bisa berkembang olahraga ini perlu didukung pemerintah daerah dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga dengan dibantu melalui KONI. Pemerintah provinsi juga sudah menganggarkan dana yang cukup agar event-event seperti ini sering digelar.

“Nanti saya akan surati Bupati, Walikota mempersiapkan anggaran yang sama untuk memperbanyak pusat-pusat pelatihannya, supaya lahirnya atlet-atlet kelas nasional dan internasional dari Kepulauan Riau yang kita banggakan,” ujarnya.

Ansar juga mengapresiasi Perpani Kepri yang dipimpin Abdul Razak yang terus menyelengarakan event-event panahan di Kota Batam. Seperti panahan di Palm Spring beberapa waktu lalu yang jumlah pesertanya hampir 200 orang. Serta rencana pertandingan panahan tingkat nasional yang akan digelar bulan Juni ini di Southlink.

“Insya Allah saya juga akan kembali hadir membuka secara resmi kegiatan tersebut sebagai bentuk dukungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau terhadap perkembangan olahraga panahan di Kepri,” ucapnya.

Selain olahraga, kata Ansar, panahan ini juga bisa menggaet wisawatan guna meningkatkan aktivitas pariwisata.

“Nanti bisa dilaksanakan di Karimun, Bintan di lapangan golfnya saya kira event-event olahraga pariwisata ini akan memperkuat sport tourism kita di Kepri ini,” ucap Gubernur Ansar.

Editor: ARON