Konsumsi camilan alias ngemil kerap disalahkan atas kenaikan berat badan. Beberapa area tubuh, termasuk perut, bakal terkena imbasnya.

Namun, perut yang buncit bisa dicegah jika Anda mengonsumsi camilan yang bakar lemak perut. Alih-alih bikin perut buncit, camilan ini justru bisa membantu menghilangkan kelebihan lemak.

Camilan Ramah Diet

Camilan ramah diet ini bisa jadi alternatif camilan tinggi kalori yang banyak tersedia di pasaran.

Berikut beberapa camilan yang bisa Anda konsumsi, mengutip berbagai sumber.

1. Apel

Dalam satu gigitan apel, Anda akan mendapatkan sensasi segar dan renyah. Buah satu ini jadi pilihan baik untuk camilan di sela jam makan siang dan makan malam.

Seperti dikutip dari NDTV, apel mengandung flavonoid dan serat yang bisa membantu membakar lemak perut. Apel memiliki serat bernama pektin yang akan terurai perlahan sehingga meningkatkan rasa kenyang dan mempertahankannya lebih lama.

Secara alami, ngemil apel tidak akan membuat Anda makan berlebih.

2. Yogurt

Four yogurts in white plastic cups on pink background with copy space. Strawberry pink yoghurt with spoon in it. Minimal style. Concept of better choice.Ilustrasi. Yogurt, salah satu camilan ramah diet yang bisa membantu membakar lemak. (iStockphoto/alexialex)

Camilan yang bakar lemak perut selanjutnya adalah yogurt. Camilan satu ini penuh nutrisi dan membantu memangkas lemak perut.

Dikutip dari Eating Well, yogurt yang dipadukan dengan buah-buahan memberikan asupan kalsium, serat, protein, dan probiotik yang menyehatkan usus. Sebaiknya pilih jenis Greek yogurt tawar tanpa pemanis tambahan.

3. Satu genggam kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga bisa menjadi camilan ramah diet yang bisa Anda coba. Riset menunjukkan, orang yang mengonsumsi kacang-kacangan secara teratur cenderung memiliki berat badan yang sehat.

Tak hanya itu, konsumsi kacang juga menjauhkan seseorang dari risiko penyakit jantung dan diabetes.

Dikutip dari Body and Soul, cukup konsumsi satu genggam kacang-kacangan dalam sehari. Ada banyak pilihan kacang yang bisa dicoba seperti kacang mete, almond, kacang tanah, kenari, atau pistachio.

4. Hummus dan sayuran potong

Konsumsi sayur bisa dibuat menyenangkan dan lezat saat dipadukan dengan hummus.

Hummus sendiri merupakan saus khas Timur Tengah yang terbuat dari kacang Arab (chickpea) yang dihaluskan bersama tahini, perasan lemon, dan bawang putih. Rasanya gurih, creamy, dan bertekstur lembut yang memberikan citarasa pada makanan.

Sayuran dengan rasa yang tawar seketika menjadi lebih nikmat saat dipadukan dengan hummus.

Tak hanya itu, kolaborasi keduanya juga bisa membantu membakar lemak pada perut berkat kandungan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan di dalamnya.

5. Biskuit biji-bijian dan keju

Ilustrasi biskuitIlustrasi. Biskuit, salah satu camilan ramah diet yang bisa membantu membakar lemak perut. (Epicantus/Daria)

Tak semua biskuit tidak sehat. Beberapa biskuit dengan bahan tertentu justru layak dijadikan camilan. Misalnya saja, biskuit yang menggunakan biji-bijian sebagai bahan dasarnya cocok dijadikan camilan yang bakar lemak perut.

Padukan biskuit dengan keju untuk manfaat ekstra, khususnya keju ricotta. Keju jenis ini memberikan protein dan kalsium untuk tubuh. Selain itu, keju ricotta juga rendah lemak jenuh.

Editor: HER

Sumber: cnnindonesia