Bukan hanya makanan saja yang berpengaruh pada naik turunnya berat badan, tetapi minuman juga. Ada beberapa kebiasaan minum yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Makanan menjadi faktor yang paling sering disebut sebagai penyebab kenaikan berat badan. Hal itu karena adanya kalori yang tinggi pada makanan, sehingga berimbas pada kenaikan berat badan.

Perlu diketahui bahwa kalori besar tidak hanya terkandung pada makanan saja, tetapi juga minuman. Ada beberapa minuman yang di balik rasa segar dan manisnya justru tinggi kalori.

Karenanya ahli gizi menyarankan untuk menghindari minuman terlalu manis. Namun, sebagai gantinya kamu bisa memilih beberapa minuman yang lebih sehat untuk membantu menurunkan berat badan.

Dikutip dari Yahoo, berikut 4 kebiasaan minum yang membantu menurunkan berat badan:

1. Konsumsi Smoothie
Membiasakan minum smoothie sebagai pengganti makanan adalah cara lain untuk menurunkan berat badan. Namun, kamu harus membuatnya dengan benar yaitu memastikan agar tetap rendah kalori.

Sebab banyak orang yang membuat smoothie menggunakan gula terlalu banyak. Dan itu bisa menyebabkan kelebihan kalori, sehingga kontraproduktif terhadap penurunan berat badan.

Ahli gizi menyarankan untuk memasukkan protein sebanyak 20 gram dan serat sebanyak 5 gram ke dalam racikan smoothie. Jika nutrisi itu diabaikan, maka bisa menyebabkan peningkatan gula darah.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Jaga Berat Badan Setelah Berhasil Diet

2. Hindari Minuman Soda
Minuman bersoda memang harus dihindari karena tidak bagus untuk kesehatan. Minuman ini mengandung gula tambahan dalam jumlah yang banyak, jadi bisa menaikkan berat badan.

Menurut ahli gizi Trista Best, pemanis buatan telah menjadi produk makanan yang kontroversial selama bertahun-tahun. Selain itu, minuman soda dapat menyebabkan perut kembung karena gas berlebih.

Lebih lanjut,Trista juga menyebutkan bahwa terlalu tinggi pemanis buatan dapat mengurangi bakteri sehat di usus sehingga terjadi iritasi gastrointestinal hingga memicu kanker.

3. Perbanyak Minum Air Putih
Daripada minuman soda, sebaiknya kamu memperbanyak minum air putih. Air putih mengandung nol kalori, sehingga tidak akan menaikkan berat badan.

Justru manfaatnya bisa menurunkan berat badan. Menurut ahli gizi Samantha, semakin banyak minum air putih, maka akan semakin sedikit makanan yang cenderung kamu makan.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa orang yang minum segelas air sebelum makan, akan otomatis mengurangi asupan kalori mereka saat makan.

4. Minum Teh Hijau
Kebiasaan minum yang dapat menurunkan berat badan adalah dengan minum air putih Foto: iStock
Semua teh tanpa pemanis adalah pilihan minuman yang sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan, termasuk juga teh hijau. Hal ini juga telah dibuktikan oleh penelitian di Jepang.

“Peneliti Jepang menemukan bahwa tingkat antioksidan khusus yang disebut polifenol terpolimerisasi pada teh hijau dapat menghambat kemampuan tubuh menyerap lemak sebanyak 20%,” ujar kata Kelly Choi, penulis The 7-Day Flat-Belly Tea Cleanse.

Teh hijau mengandung senyawa yang disebut katekin seperti epigallocatechin gallate (EGCG) yang telah ditunjukkan dalam penelitian untuk mendorong penurunan berat badan.

Editor: ARON
Sumber : detikfood