Sejumlah anggota DPRD Kota Batam, kini resmi berpindah komisi pada rapat paripurna dengan agenda penetapan perubahan keanggotaan alat kelengkapan DPRD Kota Batam, yang berlangsung, Selasa (8/3/2022) lalu.

Diantaranya, Ketua Komisi I kini dijabat Lik Khai dari fraksi Nasdem, yang sebelumnya menjabat Sekretaris Komisi I.

Sementara ketua lama Budi Mardiyanto sekarang pindah ke Komisi III, dengan Wakil Ketua Safari Ramadhan (PAN) sementara Tumbur M Sihaloho (PDI-Perjuangan) dipercaya menjadi sekretraris.

Pergeseran juga berlaku di Komisi II DPRD Kota Batam, saat ini jabatan Ketua diamanahkan kepada Putra Yustisi Respaty (PDI-Perjuangan), Wakil Edo Brando (PAN), dan Sekretaris dipercayai oleh Azhari David Yolanda (Nasdem).

Selanjutnya, perubahan juga terjadi di Komisi III DPRD Batam. Ketua dijabat Djoko Mulyono (Partai Golkar), Wakil Siti Nurlailah (PKS), sedangkan Sekretaris Muhammad Rudi (Gerindra).

Berikutnya, Komisi terakhir atau IV. Kali ini Capt Luther Jansen (Gerindra) dipercaya menjadi Ketua menggantikan Ides Madri (Golkar). Lalu Wakil, Aman (PKB) dan Sekretaris Nina Mellani (Golkar).

Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam juga memilih lima nama sebagai anggota Badan Kehormatan (BK) dalam rapat paripurna agenda penetapan

Pemilihan dilakukan secara aklamasi. Setiap fraksi DPRD Batam diminta mengajukan satu nama.

Beberapa nama menjadi jagoan, namun fraksi gabungan Demokrat- PSI tidak mengusulkan nama anggotanya.

Meskipun proses pemilihan anggota BK DPRD ini sempat diwarnai interupsi, namun proses pemilihan berjalan lancar.

Walau demikian, dalam prosesnya ada sejumlah fraksi lainnya menarik diri atau tidak menyalonkan anggotanya di antaranya fraksi PKS dan PAN.

Rapat yang dipimpin Nuryanto, Ketua DPRD Kota Batam, menyepakati lima nama tersebut menjadi anggota BK selanjutnya.

Adapun nama-nama yang dipilih beserta anggotanya antara lain, Boby Alexander Siregar dari partai Hanura masih bertahan menjadi ketua dan Tohap Erikson Pasaribu dari PDI-Perjuangan sebagai wakil ketua.

Sedangkan, anggota Ides Madri dari Partai Golkar, Harmidi Umar Husein dari partai Gerindra, dan Arlon Veristo dari Nasdem.

“Adapun nama-nama di atas telah disetujui menjadi Ketua, Wakil, dan anggota BK DPRD Kota Batam,” kata Nuryanto.

Sementara itu, untuk susunan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), disepakati Ketua Muhammad Mustofa dan Wakil Ketua Sahat Parulian.

Editor: WIL