Rafael Nadal berhasil mencetak rekor sebagai petenis dengan gelar grand slam terbanyak usai merebut juara Australia Open 2022, Minggu (30/1).

Petenis asal Spanyol itu sukses mengunci gelar Australia Open 2022 usai mengalahkan petenis nomor dua dunia, Daniil Medvedev 2-6, 6-7, 6-4, 6-4, 7-5 di Rod Laver Arena, Melbourne, Australia.

Medvedev sempat unggul telak di set pertama dengan skor 6-2. Petenis asal Rusia tersebut berhasil mendikte permainan dan membuat Nadal kesulitan memberikan perlawanan.

Di set kedua, Nadal mencoba bangkit dan berhasil memimpin dengan keunggulan 4-1. Namun, Medvedev ternyata tak membiarkan Nadal memenangi set kedua dengan mudah.

Medvedev mampu menyamakan skor menjadi 5-5 untuk memaksakan deuce. Pertandingan berlangsung menegangkan yang akhirnya berhasil dimenangkan Medvedev dengan angka 7-6.

Akan tetapi, Nadal mampu memperpanjang laga lewat kemenangan beruntun di dua gim berikutnya dengan skor 6-4, 6-4.

Persaingan sengit terjadi pada set kelima yang jadi penentuan. Medvedev unggul 1-0 lebih dahulu atas Nadal usai meraih dua poin terakhir.

Nadal menyamakan skor jadi 1-1 pada babak kedua setelah Medvedev kehilangan poin akibat eror usai melakukan backhand.

Babak ketiga kembali jadi milik Medvedev yang melakukan sapu bersih tanpa memberikan poin kepada Nadal. Skor 2-1 untuk Medvedev di set kelima.

Perlawanan kembali diberikan Nadal yang mengubah skor jadi 2-2. Pada babak kelima Nadal berbalik unggul 3-2.

Nadal ke menjauhkan jarak dengan Medvedev menjadi 4-2, sebelum diperkecil Medvedev pada babak ketujuh menjadi 3-4.

Medvedev dan Nadal kembali saling meraih poin pada dua babak berikutnya. Tetapi Medvedev bisa menyamakan skor jadi 5-5 pada babak ke-10.

Dalam dua babak tersisa, Nadal tidak memberikan kesempatan kepada Medvedev. Babak ke-11 jadi milik Nadal.

Pada babak pemungkas, Nadal sukses menuntaskan pertandingan usai menyapu bersih poin setelah pukulan backhand gagal dikembalikan Medvedev. Nadal juara Australia Open 2022 usai pada set kelima menang 7-5.

Gelar juara Australia Open 2022 menjadikan Nadal sebagai petenis dengan gelar grand slam terbanyak, 21 trofi.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia