Ilustrasi. Cara membuat infused water untuk diet terbilang mudah. (iStockphoto/Mei M.G)

Dalam beberapa tahun ke belakang, tren infused water tampaknya terus beranjak naik. Minuman detoks satu ini diklaim memiliki banyak manfaat kesehatan.
Salah satu manfaat infused water yang paling populer adalah untuk membantu menurunkan berat badan. Cara membuat infused water untuk diet juga terbilang mudah.

Pada dasarnya, asupan air menjadi bagian penting dalam upaya menghidrasi tubuh sepanjang hari. Tetap terhidrasi sepanjang hari sangat penting untuk kesehatan.

Menambahkan beberapa bahan lain ke dalam air, sebagaimana pada infused water, dianggap dapat meningkatkan manfaat air itu sendiri.

Infused water sendiri merupakan air yang dicampur dengan aroma dan cita rasa buah, sayur, bahkan rempah-rempah.

Tak seperti jus, minuman satu ini jelas lebih rendah kalori.

Manfaat Infused Water
Infused water diklaim memiliki banyak khasiat kesehatan. Berikut di antaranya, mengutip Healthline:

– membantu menurunkan berat badan
– meningkatkan kesehatan sistem pencernaan
– meningkatkan suasana hati dan energi
– meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Namun, manfaat dari minuman ini juga akan tergantung pada bahan yang Anda gunakan.

Cara Membuat Infused Water untuk Diet
Cara membuat infused water untuk diet sangatlah sederhana. Anda hanya membutuhkan air dan pilihan buah, sayur, atau rempah-rempah sesuai keinginan dan tujuan.

Potong bahan yang telah disiapkan dan masukkan ke dalam air. Anda dapat menaruhnya di dalam botol.

Jika Anda ingin menikmati minuman detoks dalam kondisi dingin, masukkan campuran ke dalam lemari pendingin dan diamkan selama 1-12 jam agar nutrisi serta cita rasa bahan lebih meresap.

Pastikan untuk mengeluarkan bahan setelah 12 jam direndam di dalam air untuk menghindari pembusukan.

Jika terburu-buru, Anda bisa menghancurkan buah, sayur, atau rempah pilihan. Setelah dihancurkan, masukkan ke dalam air. Cara ini akan membuat nutrisi dan cita rasa meresap lebih cepat.

Resep Infused Water untuk Diet
Beda bahan yang digunakan, beda pula manfaat yang didapat. Berikut resep infused water untuk diet yang bisa Anda coba, mengutip berbagai sumber.

1. Lemon dan mint
Lemon dan mint menjadi perpaduan infused water yang paling populer.

Mengutip NDTV, lemon diklaim dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan menambahkan daun mint, Anda bisa mendapatkan manfaat lebih, yakni menjaga kesehatan pencernaan.

2. Mentimun
Mentimun kaya akan vitamin B, potasium, dan magnesium. Mentimun diklaim memiliki sifat detoksifikasi dan rendah kalori.

Mentimun juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan menekan nafsu makan berkat kandungan seratnya yang kaya.

3. Apel dan kayu manis
Apel dan kayu manis adalah perpaduan pembakaran lemak yang tepat. Kayu manis dapat membantu meningkatkan metabolisme. Sementara apel bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Anda juga bisa menambahkan beberapa sendok teh cuka sari apel ke dalam minuman untuk meningkatkan daya pembakaran lemak.

4. Jeruk
Jeruk kaya akan vitamin C yang dapat membantu tubuh tetap sehat. Selain itu, vitamin ini juga berfungsi mengubah lemak menjadi energi.

5. Semangka dan mint
Mengutip Eat This Not That, semangka merupakan salah satu buah terbaik untuk mengusir lemak dari tubuh. Buah satu ini telah terbukti meningkatkan profil lipid (lemak) dan mengurangi akumulasi lemak di dalam tubuh.

6. Kiwi, mentimun, dan mint
Kiwi telah terbukti mengurangi kembung dan sembelit. Sementara mentimun, sebagaimana telah dijelaskan di atas, kaya akan serat yang membuatnya menjadi pilihan tepat untuk menurunkan berat badan.

7. Lemon, stroberi, dan biji chia
Stroberi merupakan salah satu buah rendah karbohidrat terbaik yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Stroberi hanya mengandung 12 gram karbohidrat dan memiliki senyawa polifenol yang dapat menghentikan pembentukan sel-sel lemak.

Cara membuat infused water untuk diet ini bisa Anda ikuti dengan mudah di rumah. Pilih resep infused water yang dirasa sesuai.

Editor: ARON
Sumber: cnnindonesia